Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Munas Apindo Bahas Kesiapan Tenaga Kerja Hadapi Revolusi Industri 4.0

"Saya pikir semua pengusaha memikirkan ini (Revolusi Industri 4.0) karena enggak semuanya familiar dengan ini. Problematikanya adalah SDM kita sekarang ini masih kurang pendidikan yang baik, dari 60 juta angkatan kerja, 50 persen lebih ijazahnya masih SD," terang Ketua Dewan Harian Apindo Soebronto Laras dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Hal itu yang kemudian menjadi salah satu permasalahan yang akan dibawakan dalam Musyawarah Nasional (Munas) Apindo ke-10 di Jakarta, pada Selasa (24//4/2018).

Ketua Umum Apindo Hariyadi B Sukamdani menyampaikan, pihaknya menaruh perhatian lebih pada perkembangan dunia bisnis dan ekonomi dalam beberapa waktu terakhir, terutama terkait ekonomi digitalisasi yang dibawa oleh Revolusi Industri 4.0.

"Dunia semakin kompetitif, ditambah pergerakan ekonomi digital dan adanya Revolusi Industri 4.0 yang menggambarkam bahwa ke depan lapangan kerja akan semakin dinamis, tersegmentasi keahlian-keahlian tertentu di mana kita ketahui jumlah penduduk semakin besar dan angkatan kerja semakin banyak," jelas dia.

Hariyadi menambahkan, dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 diperlukan reformasi ketenagakerjaan agar bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada 2030 tidak menjadi bumerang bagi pemerintah Indonesia.

"Kalau tidak ada reformasi ketenagakerjaan ini nantinya bonus demografi bukannya menjadi untung tapi malah jadi beban, titik lemah buat perekonomian Indonesia," ungkapnya.

Oleh karena itu, Apindo meminta pemerintah untuk sesegera mungkin mempersiapkan tenaga-tenaga kerja yang memiliki keterampilan guna bersaing dalam dunia kerja pada masa Revolusi Industri 4.0.

Munas Apindo ke-10 yang mengambil tema "Dunia Usaha Kuat, Rakyat Sejahtera: Reformasi Sumber Daya Manusia untuk Mengatasi Kesenjangan Ekonomi" akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain membahas isu strategis terkait kesiapan tenaga kerja menghadapi Revolusi Industri 4.0, munas tersebut juga akan menjadi ajang pemilihan ketua umum Apindo periode 2018-2023.

Munas yang diprediksi diikuti 1.000 peserta itu juga akan diisi oleh seminar yg rencananya akan dibawakan oleh Menteri Perindustrian, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Pajak, dan Ketua Tim Ahli Wakil Presiden.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/23/184555926/munas-apindo-bahas-kesiapan-tenaga-kerja-hadapi-revolusi-industri-40

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke