Salin Artikel

Tinjau PLTS Daruba, Kemenko Kemaritiman Pastikan Pasokan Listrik Morotai Cukup

Asisten Deputi Bidang Sumber Daya Energi Mineral dan Non Konvensional, Kementerianko Kemaritiman, Amalyos Chan mengatakan tinjauan merupakan bagian dari persiapan peresmian Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Morotai yang membutuhkan pasokan listrik sekitar 2 megawatt saat beroperasi penuh.

Selain itu ada juga permintaan dari Bupati setempat untuk penyediaan listrik 25 megawatt agar industri bisa berjalan.

"Bupati minta 25 megawatt. Tapi 10 megawatt saja sebenarnya bisa terpenuhi menurut PLN. Dari kami silahkan saja asal mappingnya jelas," jelas Amyos saat bincang dengan Kompas.com, Kamis (27/4/2018).

"Kalau untuk SKPT butuhnya 2 megawatt. Dari PLN masih menyanggupi karena ada sisa 3 megawatt," imbuhnya.

Asisten Manajer PLN Area Sofifi, Kharul Sani yang juga mendampingi rombongan menjelaskan bahwa seluruh sistem kelistrikan PLN yang terpasang di sistem Daruba saat ini mampu mengalirkan daya sebesar 5,7 megawatt.

Karena itu perusahaan menyanggupi pasokan kebutuhan listrik untuk SKPT Morotai di Desa Deau.

"Saat ini daya mampu (sistem Daruba) 5,7 megawatt. Saat terpakai, puncak pemakaian daya pada malam hari itu 2,7 megawatt. Jadi masih sisa 3 megawatt," terangnya.

PLTMG

PLN juga memiliki rencana untuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di lahan seluas 4,9 hektar, di belakang PLTS Daruba. PLTMG tersebut memiliki kapasitas 10 megawatt.

Pada 2019 mendatang, Jika PLTMG itu sudah berjalan, maka akan ada tambahan kapasitas daya 10 megawatt. Sehingga total kapasitas sistem Daruba mencapai 6,7 megawatt.

Selain soal pasokan listrik untuk SKPT Morotai, Khairul juga menjelaskan bahwa PLN sedang mengerjakan pemasangan sistem kelistrikan di 8 desa di Morotai.

Rinciannya ada 3 desa yang masih dalam proses konstruksi, sedangkan 5 lainnya masih dalam proses pengadaan. PLN juga berencana mengalirkan listrik ke Pulau Ngele-ngele Besar, Kolorai, serta Galo-galo yang masih merupakan bagian dari Morotai.

Adapun pengembangan sistem kelistrikan tersebut bakal memakai Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

"Rencananya 2019 Morotai penuh listrik. Tiga pulau yang ada di dekatnya juga akan dialiri listrik," ujar Khairul.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/27/095500526/tinjau-plts-daruba-kemenko-kemaritiman-pastikan-pasokan-listrik-morotai

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.