Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layani Angkutan Lebaran 2018, Pelni Siapkan 26 Kapal Laut

Direktur Armada PT Pelni, Tukul Harsono mengatakan, selain menyiapkan 26 kapal untuk trayek nusantara, pihaknya juga menyediakan 47 kapal perintis untuk melayani pemudik ke pulau-pulau terpencil.

"Mudik dengan kapal Pelni melayani hampir ke seluruh pulau di tanah air," ujar Tukul di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Tukul menerangkan, pihaknya membagi tiga cluster pelayanan. Untuk wilayah barat terdiri dari Tanjung Priok, Tanjung Pandan, Pontianak, Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Belawan, Pulau Natuna, Semarang, Surabaya, Sampit, dan Kumai. Sementara Wilayah tengah terdiri dari Makasar, Baubau, Balikpapan, Nunukan, Tarakan, Pare-pare, Bima, Labuan Bajo, Lewoleba dan Kupang.

Sementara untuk wilayah timur terdiri dari Ambon, Banda Neira, Namlea, Ternate, Tual, Sorong, Manokwari, Biak, Serui, Nabire dan Jayapura.

"Komposisi penumpang wilayah barat 39 persen, wilayah tengah 43 persen dan wilayah timur 19 persen," kata Tukul.

Dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat melayani angkutan Lebaran 2018. Jika nantinya terdapat lonjakan penumpang, pihaknya akan melakukan rerouting ke ruas-ruas padat penumpang.

"Kami tidak menambah armada namun menambah frekuensi pada ruas padat penumpang dengan mererouting kapal," ucap Tukul.

Pada mudik tahun 2018 ini Pelni dipercaya Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang. Mudik gratis sepeda motor dimulai 9 Juni hingga 22 Juni 2018.

Selain itu, Pelni juga bersinergi dengan 23 BUMN dalam program Mudik Bareng 2018 dengan menyediakan 23.908 tiket untuk berbagai jurusan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/17/210200726/layani-angkutan-lebaran-2018-pelni-siapkan-26-kapal-laut

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke