Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AirAsia Usulkan Terminal 4 Khusus untuk Maskapai Berbiaya Rendah

Usul itu sudah disampaikan kepada PT Angkasa Pura II selaku salah satu pengelola bandara di Indonesia bagian barat.

"Kami bilang ya sudah deh nanti Terminal 4 kalau bisa dibuat sebagai LCC terminal, seperti di KLIA 2, supaya service charge-nya bisa murah," kata CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan saat berbincang dengan Kompas.com di Bangkok, Thailand, Rabu (16/5/2018).

Dendy menjelaskan, usul itu disampaikan karena selama ini kontribusi dari airport tax atau passenger service charge (PSC) terhadap harga tiket pesawat kategori LCC cukup besar.

Meski di satu sisi PSC akan kembali berupa layanan dan fasilitas bagi penumpang, namun Dendy memandang besarannya bisa lebih rendah lagi jika ada terminal yang khusus ditempati oleh LCC.

Dia memberi simulasi, harga tiket untuk penerbangan AirAsia rute Jakarta-Kuala Lumpur yang paling murah bisa diberikan adalah Rp 590.000. Sementara, airport tax saja untuk penumpang AirAsia rute internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta bisa mencapai Rp 230.000, setara dengan 40 persen dari harga tiketnya sendiri.

"Kan penumpang dari Rp 590.000 ditambah Rp 230.000 jadi enggak menarik lagi deh. Bukan saya mengecilkan AP II, mereka juga ada investasi. Saya enggak mau menyoroti Terminal 3, mereka punya hitungan sendiri, monggo silakan. Mau menaikkan kalau pemerintah sudah setuju, ya kami harus ikuti, karena mereka regulator," tutur Dendy.

Dia mengungkapkan, bila usulnya diterima dan AP II bersedia mendedikasikan Terminal 4 nanti khusus untuk LCC, maka harga tiketnya bisa ditekan sehingga tetap menarik untuk calon penumpang.

Bahkan Dendy membayangkan besaran PSC nanti hanya Rp 100.000, sehingga diprediksi penumpang tidak terlalu keberatan dengan hal tersebut.

"Kalau Terminal 4 bisa dibuat dengan biaya yang lebih murah, penumpang akan merasa oke dengan harganya. Tapi ketika harganya tinggi, secara psikologis kan tidak menarik lagi," ujar Dendy.

Secara terpisah, Vice President Corporate Communication AP II Yado Yarismano mengaku pihaknya belum secara spesifik membahas usulan tersebut. Dia menyebut mengenai Terminal 4, AP II masih fokus membahas rencana awal dan mematangkan hal-hal terkait.

"Belum ada pembahasan mengenai usulan tersebut, kami masih pada tahap desain awal," ucap Yado.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/18/042700826/airasia-usulkan-terminal-4-khusus-untuk-maskapai-berbiaya-rendah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke