Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OJK: Suku Bunga BI Naik, Kredit Tetap Tumbuh

Anggota Dewan Komisioner sekaligus Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan pertumbuhan kredit perbankan tahun berjalan (ytd) hingga Mei 2018 mencapai 8,8 persen.

Menurut dia, perbankan telah melalui masa konsolidasi dan memasuki masa ekspansi.

"Saya yakin dengan kenaikan suku bunga acuan BI kemarin, pertumbuhan kredit akan tetap baik, karena perbankan sudah selesai masa konsolidasi, sehingga nanti mereka bisa tumbuh dengan baik," ujarnya ketika ditemui awak media di Gedung Bank Indonesia, Jumat (18/5/2018).

Pertumbuhan kredit tersebut paling dominan didukung oleh sektor infrastuktur mengingat pemerintah yang masih gencar melakukan pembangunan infrastruktur hingga saat ini.

Dia menyebutkan, kondisi perbankaan saat ini juga menunjukkan perbaikan kredit bermasalah (non performing loan/NPL).  NPL gross saat ini mencapai 2,75 persen, sedangkan dan NPL net 1,2 persen.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya optimistis penyaluran kredit perbankan akan sesuai target 10 hingga 12 persen hingga akhir tahun. Hal ini ditandai dengan belum adanya pengajuan Rencana Bisnis Bank (RBB).

"Saya belum melihat ada revisi (terkait penyaluran kredit), belum disampaikan ke kami. Belum ada perubahan data," sebutnya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/18/180900126/ojk--suku-bunga-bi-naik-kredit-tetap-tumbuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke