Salin Artikel

Visa Tak Khawatirkan Kehadiran GPN

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman menganggap kehadiran GPN akan menjadi kompetitor yang akan menjadi opsi masyarakat untuk bertransaksi.

"Menurut saya sama saja kayak kompetisi. Tinggal salah satunya bisa memberi nilai lebih enggak. Sehingga konsumen bisa menentukan mrnggunakan kartu mana," ujar Riko di Jakarta, Rabu (24/5/2018).

Hingga saat ini, kata Riko, belum dapat diukur seberapa besar dampak GPN terhadap bisnis Visa. Menurut dia, baik Visa maupun GPN memiliki kelebihan masing-masing. Yang menentukan apakah penerapan GPN akan berdampak pada Visa adalah pilihan konsumen.

"Sekarang punya Visa, punya GPN, terserah pilih mana. Dikasih pilihan ke konsumen," kata Riko.

Riko mengatakan, Visa tak ada kekhawatiran berlebihan dengan adanya GPN. Jika bisa memberi nilai lebih, maka tak akan ada pengaruh dari segi pendapatan Visa.

"Saya cukup percaya selama bisa nilai lebih dari kompetitor kita, pasti nasabah akan pilih kita," kata Riko.

Kartu debit dan uang elektronik GPN ditandai dengan logo burung garuda berwarna merah. Kartu itu memungkinkan nasabah bertransaksi, cek saldo, maupun transfer atau tarik tunai di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) maupun perangkat EDC dari bank lain tanpa dikenakan biaya tambahan.

Sampai saat ini, ada 60 bank di Indonesia yang menerbitkan kartu debit untuk nasabahnya. Kemudian, ada 14 bank yang mengeluarkan perangkat electronic data capture (EDC) yang digunakan untuk transaksi di merchant tertentu. BI menargetkan semua bank terhubung pada Juni 2018.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/24/101800326/visa-tak-khawatirkan-kehadiran-gpn

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.