Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

THR "Cair", Ekonomi Kuartal II/2018 Diyakini Tumbuh 5,15 Persen

Terlebih lagi, Presiden Joko Widodo sampai menyampaikan sendiri kepastian pencairan THR dan gaji ke-13 senilai Rp 35,76 triliun bagi pegawai negeri dan pensiunan.

THR pun disebut sebagai salah satu stimulus fiskal bagi pertumbuhan ekonomi. Harapannya, konsumsi rumah tangga dan daya beli meningkat karena itu, bersamaan dengan angka inflasi yang relatif terkendali.

"Terkendalinya inflasi membuat kemampuan belanja meningkat. Jadi, pada kuartal II nanti (pertumbuhan ekonomi) diperkirakan lebih tinggi dari kuartal I dan mendekati 5,15 persen," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dalam jumpa pers di Gedung Thamrin BI, Jumat (25/5/2018).

Selain THR, lanjut Perry, penyokong yang diperkirakan turut mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2018 adalah stimulus fiskal terkait belanja modal, khususnya bidang infrastruktur.

Lalu, sebut Perry, investasi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Kalau dulu investasi dari sisi construction, sekarang sudah banyak juga investasi non-construction," imbuh Perry.

Perry juga menambahkan, tingginya pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa seperti di Sumatera dan Sulawesi yang mengandalkan ekspor turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Beberapa daerah yang memang mempunyai ekspor komoditas, apalagi kemudian kurs-nya juga relatif cukup bagus bagi eksportir sehingga itu mendorong konsumsi ekspor mereka," kata Perry.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/25/162939126/thr-cair-ekonomi-kuartal-ii2018-diyakini-tumbuh-515-persen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke