Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Menguat Jadi Rp 13.993 per Dollar AS Usai BI Naikkan Suku Bunga

Posisi rupiah di pasar spot berakhir menguat dua hari berturut-turut, Selasa dan Rabu. Namun pada awal perdagangan Rabu, rupiah masih dibuka di posisi Rp 14.025 per dollar AS, melanjutkan tren selama Mei 2018 yang doinan di atas Rp 14.000 per dollar AS.

Seperti terlihat dalam grafik pergerakan nilai tukar rupiah pada Rabu, kurs mata uang Garuda sempat menguat signifikan sampai ke level Rp 13.126 per dollar AS. Namun, setelah berfluktuasi terutama sepanjang siang sampai petang, rupiah di pasar spot berakhir menguat 2 poin saja dibanding penutupan sehari sebelumnya.

Penguatan hari ini didorong terutama oleh pengumuman Bank Indonesia yang kembali menaikkan suku bunga acuan. Itu pun, penguatan yang terjadi pada akhirnya tipis saja, 2 poin dari penutupan hari sebelumnya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia dari Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) pada Rabu masih menempatkan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hari ini ada pada level Rp 14.032.

Nilai tukar rupiah mengalami penguatan secara bertahap setelah pada Kamis (24/5/2018) lalu mengalami pelemahan yang paling dalam sejak awal tahun 2018 yakni level Rp 14.205.

Langkah pengetatan kebijakan moneter tersebut dinilai sebagai upaya menstabilkan nilai tukar rupiah dalam mengantisipasi normalisasi kebijakan The Fed tahun ini dan tahun depan.

"BI memprioritaskan stabilitas rupiah dalam jangka pendek mengingat transmisi dari nilai tukar pada perekonomian cenderung lebih cepat dan lebih lanjut dapat berpengaruh pada konsumsi rumah tangga serta sentimen bisnis," kata Josua saat dihubungi Kompas.com, Rabu petang.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo sebelumnya menyatakan, keputusan menaikkan BI 7-Day Repo Rate ditempuh sebagai langkah preventif untuk memperkuat stabilitas ekonomi, terutama dalam hal nilai tukar.

BI juga memandang ada kemungkinan kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate yang lebih tinggi dan meningkatnya risiko di pasar keuangan global.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/30/174331126/rupiah-menguat-jadi-rp-13993-per-dollar-as-usai-bi-naikkan-suku-bunga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke