Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terminal Baru Segera Beroperasi, Bandara Ahmad Yani Lakukan Operasi Boyong

Sebagai tahap akhir persiapan sebelum pengoperasian, PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Ahmad Yani melakukan Operasi Boyong untuk memindahkan peralatan-peralatan operasional dari terminal existing ke terminal baru.

“Operasi Boyong ini dipastikan tidak akan mengganggu kegiatan operasional pada terminal lama karena fokus aktivitas pemindahan akan dilakukan pada malam hari menjelang operasional bandara tutup," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi melalui siaran pers yang diberikan kepada Kompas.com, Selasa (5/6/2018).

"Selesainya Operasi Boyong ini menandakan kesiapan Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah untuk dioperasikan dan diresmikan,” tambah dia.

Operasi Boyong rencananya dilakukan secara bertahap dimulai hari Selasa (5/6/2018) siang hari hingga Rabu (6/6/2018) dini hari.

Pada siang hari ini, akan mulai dipindahkan beberapa peralatan dan fasilitas pendukung ke terminal baru. Di saat bersamaan juga dilakukan pemeriksaan kondisi fasilitas di terminal baru oleh masing-masing unit yang bertanggung jawab terhadap fasilitas tersebut.

Adapun peralatan yang dipindahkan mencakup peralatan screening check point (SCP) 2 dan fasilitas di ruang tunggu domestik dan internasional. Peralatan lain yang dipindahkan yaitu trolley, x-ray, komputer kios, walk through metal detector (WTMD) atau alat pendeteksi metal, meja pemeriksaan SCP, peralatan perkantoran, dan lainnya.

Sebelumnya, pada Minggu (3/6/2018), telah dilakukan simulasi total pengoperasian Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Simulasi ini melibatkan 100 karyawan yang berperan sebagai penumpang. Selain itu, beberapa karyawan lain berperan sebagai petugas parkir, petugas aviation security, petugas customer service, petugas groundhandling, dan instansi terkait seperti bea cukai dan imigrasi.

Simulasi yang dilakukan dimulai dari kedatangan penumpang, penggunaan troli, check in, screening, dan lainnya.

“Kami harapkan doa dan dukungan masyarakat agar persiapan final ini dapat berjalan lancar sehingga ikon baru kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah ini dapat segera dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia,” sebut Faik.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/05/123800226/terminal-baru-segera-beroperasi-bandara-ahmad-yani-lakukan-operasi-boyong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke