Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 "Startup" se-ASEAN Merayu Calon Investor

Dalam ajang tersebut, para pengusaha pemula itu berusaha 'merayu' sejumlah audiens yang mempunyai latar belakang di bidang kewirausahaan, media, dan teknologi dengan cara mempresentasikan ide dan peluang bisnis mereka.

"Saya telah meminta para pengusaha untuk mempunyai 'permintaan' kepada kalian, para audiens," penggagas Pitch@Palace, Duke of York, Pangeran Andrew.

Uniknya, para peserta hanya diberikan waktu 1,5 hingga 3 menit untuk mempresentasikan ide bisnis mereka. Jika waktunya telah habis, presentasi mereka akan dipotong oleh bunyi terompet.

"Dua orang ini akan meniup terompetnya saat waktu kalian habis," kata Pangeran Andrew sambil menunjuk dua orang petugas berseragam lengkap di sampingnya yang membawa terompet.

Alhasil, para peserta mesti terburu-buru dalam menyampaikan ide bisnis mereka. Tak sedikit pula yang menutup presentasinya dengan menyebut kebutuhan mereka secara gamblang.

"Saya ingin membesarkan usaha saya dan saya butuh uang untuk itu, itu saja," kata seorang pengusaha startup di bidang medis asal Malaysia.

Pangeran Andrew menambahkan, ia ingin para audiens memberikan sokongan kepada para pengusaha startup dengan membangun koneksi atau membuka akses distribusi.

"Mohon pertimbangkan permintaan itu dan berpikirlah bahwa Anda dapat membantu para pengusaha dengan memberikan akses distribusi, membuat koneksi, atau menyediakan akses kepada mentor dan akhirnya investasi," katanya.

Hasilnya, ada tiga perusahaan startup yang mendapat suara terbanyak dari para audiens.

Ketiganya adalah Klean dari Malaysia, Alchemy Foodtech dari Singapura, dan Globish Academia dari Thailand. Adapun salah satu perwakilan Indonesia, Gofit, mendapat gelar People Choice Awards.

Startup yang terpilih akan terbang ke London untuk bersaing dengan perwakilan wilayah lainnya dalam Pitch@Palace Global yang akan digelar pada Desember 2018 mendatang.

Pitch@Palace sendiri merupakan sebuah ajang perlombaan bagi perusahaan-perusahaan startup yang diselenggarakan oleh Duke of York, Pangeran Andrew.

"Pitch@Palace didirikan oleh Duke of York untuk mendukung para pengusaha dengan mengamplifikasi dan mengakselerasi ide bisnis mereka," tulis situs resmi Duke of York.

Hal tersebut dilakukan dengan cara menghubungkan perusahaan startup yang inovatif dengan investor-investor potensial.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/06/115304326/20-startup-se-asean-merayu-calon-investor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke