Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertamina: Beli BBM di Satgas Motoris Saat Mudik Tak Bisa "Full Tank"

"Belinya nanti enggak bisa isi penuh. Secukupnya saja sampai bisa keluar dari kemacetan dan isi di SPBU biasa," kata Adiatma di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Adiatma menambahkan, satgas motoris BBM tersebut juga bukan sebagai delivery order. Satgas itu nantinya akan bersiaga di luar jalan tol dan akan bekerja bila muncul kemacetan panjang di jalan tol.

"Mereka nantinya stand by di luar jalan tol dan begitu ada kemacetan akan masuk ke dalam jalan tol dengan pengawalan dari polisi," imbuh Adiatma.

Pertamina menyiapkan sebanyak 200 unit sepeda motor Satgas BBM saat arus mudik Lebaran 2018 dimulai. Satgas BBM bermotor itu mulai bersiaga sejak 6 Juni 2018 atau mulai H-9 Lebaran di sepanjang jalan tol di Jawa.

"Jadi total yang kami siapkan di marketing operation region atau MOR IV itu motoris ada 200 unit dan mulai tanggal 6 Juni sudah go live," kata Field Field Marketing Pertamina MOR IV Karesidenan Pekalongan Fachrizal Imaduddin di akhir Mei silam.

Adapun pembagian distribusi 200 unit sepeda motor itu adalah sebanyak 125 unit di Jalur Pantura dan 75 sisanya di Jalur Selatan.

"Kemudian untuk khusus lagi, dari 125 titik di jalur utara itu ada jalur tol kan, dipecah lagi di masing kios di jalur tol itu ada 4 motoris di tiap rest area-nya," ujar Fachrizal.

Masing-masing unit sepeda motor itu akan dibekali 30 liter BBM jenis Pertamax dalam kemasan 10 liter dan akan beroperasi ketika kemacetan terjadi di jalan tol. Harga yang dibanderol tidak berbeda dengan harga di SPBU.

"Harga harus kami samakan yang ada di jalur tol dan di SPBU. Semua enggak boleh ada perbedaan harganya. Untuk stabilisasi," sebut Fachrizal.

Dengan demikian, jika harga Pertamax per liter saat ini Rp 8.900, maka konsumen harus merogoh kocek hingga Rp 89.000 untuk membeli Pertamax dalam kemasan yang dibawa satgas BBM bermotor.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/07/232200426/pertamina--beli-bbm-di-satgas-motoris-saat-mudik-tak-bisa-full-tank-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke