Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jika Peminat Tinggi, KAI Tambah Rute Kereta Sleeper

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, rute pertama kereta sleeper dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya untuk melihat respon masyarakat terkait kehadiran kereta tersebut.

"Kalau diminati, mungkin jalur Selatan kalau mungkin dilewati juga," ujar Edi saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Muncul wacana bahwa kereta sleeper juga akan digandeng dengan kereta lainnya seperti Gajayana relasi Stasiun Gambir-Malang. Edi tak menutup kemungkinan bahwa kereta sleeper akan ditempel pada rangkaian kereta jurusan lain di pulau Jawa.

"Kalau diminati, di Gajayana juga, rute Jogja, Solo juga, atau mungkin Purwokerto juga," kata Edi.

PT KAI berencana menambah jumlah kereta sleeper. Selain empat yang sudah beroperasi, ada enam kereta sleeper yang masih dibuat PT INKA. Edi mengatakan, kereta sleeper patut dibanggakan karena buatan dalam negeri. Tiketnya langsung ludes terjual begitu dibuka sejak Senin (11/6/2018) kemarin.

"Karena ini produk lokal, jadi tidak susah pesannya. Kita tinggal bilang ke INKA mau tambah," kata Edi.

Untuk harga promo selama sebulan, tiket kereta sleeper dibanderol Rp 900.000. Kereta tersebut dilengkapi fasilitas layaknya kelas bisnis pesawat terbang. Ditambah lagi penumpang diberi makan dan minum gratis.

Ada dua waktu keberangkatan kereta sleeper dari Jakarta dan Surabaya. Kereta paling pagi berangkat dari Stasiun Gambir pada pukul 09.30 WIB dan sampai di Surabaya pukul 18.30 WIB.

Keberangkatan kedua dari Stasiun Gambir pada pukul 21.30 WIB dan tiba di Surabaya pukul 06.30 WIB keesokan harinya.

Sementara dari Stasiun Pasarturi, keberangkatan pertama pukul 08.00 WIB dan sampai di Jakarta pukul 17.00 WIB. Keberangkatan kedua yakni pukul 20.00 WIB hingga sampai Jakarta pukul 05.00 WIB keesokan harinya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/12/112108926/jika-peminat-tinggi-kai-tambah-rute-kereta-sleeper

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke