Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos BEI Berharap Makin Banyak BUMN yang Melantai di Pasar Modal

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi memuji PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) (Persero) yang mencatatkan obligasi perdananya sebesar Rp 3 triliun di BEI.

Pelindo IV yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu dinilai Inarno bakal membuat pasar obligasi semakin menarik bagi investor, terlebih bagi mereka yang tertarik berinvestasi di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Dengan kehadiran produk-produk investasi perusahaan BUMN dan anak usahanya di bursa. maka pasar jadi lebih menarik bagi investor," kata Inarno di BEI, Jakarta, Kamis (5/7/2018).

Inarno menambahkan, pasar modal merupakan sarana yang menarik bagi kebutuhan pendanaan BUMN maupun anak usahanya.

Dia yakin kinerja BUMN bakal menjadi lebih baik jika bisa jadi milik publik dan diawasi oleh masyarakat.

Untuk itu, Inarno berharap agar semakin banyak perusahaan BUMN yang melantai di BEI, baik melalui penerbitan obligasi maupun initial public offering (IPO).

"Semoga pada masa mendatang semakin banyak BUMN yang menghiasi lantai bursa, baik melalui aksi penerbitan obligasi BUMN, maupun IPO BUMN atau anak BUMN. Dengan demikian Indonesia jadi berkembang dan masyarakat semakin sejahtera," ujarnya.

Sumber pendanaan alternatif

Inarno berharap Menteri BUMN Rini Soemarno dan jajarannya bisa mendorong BUMN dan anak usahanya untuk segera memanfaatkan pasar modal sebagai salah satu sumber pendanaan di luar APBN.

Di sisi lain, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengatakan bahwa sampai saat ini banyak BUMN yang ingin IPO atau menerbitkan obligasi di BEI. Namun, semuanya masih persiapan dan melihat waktu yang tepat.

"Untuk sekarang yang paling dekat itu PLN mau obligasi, sedang proses," imbuh Aloy.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung menyatakan perseroan maupun anak usahanya belum akan IPO dalam waktu dekat.

"Untuk saat ini kami belum mengarah ke sana, jadi kami masih fokus pada obligasi ini dan juga penyelesaian proyek strategis," kata Doso kepada wartawan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/05/192155226/bos-bei-berharap-makin-banyak-bumn-yang-melantai-di-pasar-modal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke