Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertamina Sebut Kerugian Penjualan BBM Tak Ganggu 29 Proyek Strategis

Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Gandhi Sriwidodo mengatakan, alokasi pendanaan untuk 29 proyek strategis sudah dicadangkan. Pendanaan pun tak sepenuhnya ditanggung Pertamina.

Dalam beberapa proyek, Gandhi menuturkan, Pertamina bekerja sama dengan beberapa anak perusahaan Pertamina Group. Selain itu, Pertamina juga menggandeng beberapa BUMN Karya dalam proyek lain. Untuk kerja sama dengan BUMN ini, Pertamina menggunakan sistem Kerja Sama Operasi (KSO).

"Modelnya investasi, artinya sebagian proyek dilaksanakan oleh Pertamina, sebagian investor. Kemudian dikembalikan pembiayaannya berupa fee, kaya bayar sewa. Tapi diakhir pembayaran jadi milik Pertamina," ujar Gandhi ketika Ekspose Proyek Strategis Hilir dan Groundbreaking Pengembangan TBBM Maumere di Maumere, Kabupaten Sikka, Senin (30/7/2018).

Dia mengakui, dengan kondisi saat ini, Pertamina memang tidak bisa sendirian melaksanakan proyek tersebut.

"Harga solar itu kan sekarang pasarannya seharusnya sudah Rp 8.000-an, cuma sekarang disubsidi pemerintah Rp 500, sisanya ya kami tanggung," ujar Gandhi.

Sebagai informasi, saat ini Pertamina sedang membangun sebanyak 29 proyek strategis yang dibagi dalam 4 kategori, yaitu pembangunan Terminal BBM dan pipanisasi, pembangunan Terminal LPG, perbaikan dan pengembangan sarana tambat serta pembangunan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) beserta sarana penunjang lainnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan jika Pertamina mengalokasikan dana sebesar Rp 36 Triliun, dimana senilai Rp 20 triliun difokuskan untuk proyek strategis, khususnya di wilayah Timur Indonesia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/31/084800826/pertamina-sebut-kerugian-penjualan-bbm-tak-ganggu-29-proyek-strategis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke