Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IFC Investasi Green Bond Sebesar 150 Juta Dollar AS ke OCBC

JAKARTA, KOMPAS.com - International Finance Corporation (IFC) berkomitmen sebesar 150 juta dollar AS dalam bentuk obligasi hijau yang diterbitkan oleh PT Bank OCBC NISP (OCBC NISP), Rabu (1/8/2018).

IFC yang merupakan anggota grup Bank Dunia melakukan investasi obligasi hijau perdana yang diterbitkan bank swasta di Indonesia.

OCBC NISP sebagai pelopor bank komersial obligasi hijau ini akan membiayai proyek di bawahnya, dengan masa tenor lima tahun.

"Ini tonggak bersejarah penting bagi sektor perbankan Indonesia karena ini diharapkan akan mengatalisasi pertumbuhan obligasi hijau di Indonesia," ujar Direktur Eksekutif IFC Philippe Le Houérou dalam jumpa pers di kantornya, Rabu.

Philippe juga menjelaskan bahwa ini adalah awal untuk obligasi hijau berkembang di Indonesia.

"Dalam sebuah negara yang angka pendanaan hijaunya masih rendah, obligasi ini sebagai awal langkah kami dalam membuka potensi pasar obligasi hijau di Indonesia untuk mendorong pendanaan baru bagi proyek pintar iklim," kata dia.

IFC mengungkapkan, menurut Bank Dunia peluang potensi di Indonesia untuk pendanaan hijau adalah sekitar 274 miliar dollar AS pada 2030.

Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengatakan, kerja sama dengan IFC ini untuk mencari solusi untuk memperluas peluang investasi swasta yang berkelanjutan secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

"Bersama dengan IFC, kami akan berkolaborasi dan mencari solusi inovatif yang akan memperluas peluang untuk investasi swasta yang berkelanjutan secara ekonomi, sosial dan lingkungan," ujar Parwati.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/01/141903026/ifc-investasi-green-bond-sebesar-150-juta-dollar-as-ke-ocbc

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke