Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AirAsia Berminat Investasi Terminal Khusus Maskapai Berbiaya Rendah

Mereka juga telah menyampaikan minat untuk bekerja sama agar bisa ikut mengelola atau berinvestasi.

"Terminal 2 katanya mau jadi LCCT (Terminal LCC), kami berminat juga ikut mengelola atau ikut investasi kalau dibutuhkan biaya investasi," kata CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan saat ditemui di Hotel Kempinski, Kamis (2/8/2018).

Dendy mengungkapkan, AirAsia sudah menyampaikan minat mereka langsung ke AP II. Namun, sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut dari AP II mengenai bagaimana kelanjutan terhadap tawaran AirAsia.

"Tapi, yang saya dengar, AP II akan menggunakan dana internal mereka. AP II rencananya akan menggunakan dana sendiri untuk ekspansi dan pengembangan Terminal 2, jadi nanti kami hanya pakai sebagai infrastruktur kami saja, baik domestik maupun internasional," tutur Dendy.

Jika nanti AirAsia sepakat bekerja sama dan mengelola Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, mereka sudah memiliki beberapa desain yang sesuai dengan terminal khusus LCC. Salah satu desain yang bisa diterapkan adalah menghilangkan garbarata agar slot untuk parkir pesawat bisa lebih banyak.

Selain itu, untuk pergerakan penumpang yang hendak naik maupun turun dari pesawat akan menggunakan tangga yang bisa dipindah. Konsep ini dipercaya dapat mempercepat pergerakan penumpang karena bisa naik dan turun melalui dua pintu, yaitu pintu depan dan belakang pesawat.

Kompas.com telah menghubungi Vice President Corporate Communication AP II Yado Yarismano untuk menanyakan perihal rencana terminal khusus LCC di Bandara Soekarno-Hatta, namun belum direspons.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/02/153014426/airasia-berminat-investasi-terminal-khusus-maskapai-berbiaya-rendah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke