Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Ganggu Sistem Kelistrikan PLN di Lombok

Beberapa kali gempa susulan juga semakin memperparah sistem kelistrikan hingga membuat jaringan di Lombok sempat padam.

"Efek dari gempa kali ini berdampak pada sistem kelistrikan di Lombok. Beberapa pembangkit harus kami lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan keamananya," kata General Manager PLN Wilayah NTB Rudi Purnomoloka melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (20/8/2018).

Rudi juga menyebut, sistem kelistrikan di Pulau Sumbawa juga membuat sistem kelistrikan di sana bermasalah. PLN mencatat, Sumbawa sempat mengalami pemadaman listrik sebesar 17 persen dari total keseluruhan di wilayah tersebut.

"Beberapa daerah di Sumbawa yang harus dipadamkan antara lain seluruh wilayah Alas, sebagian Taliwang yaitu di daerah Pelabuhan Poto Tano," tutur Rudi.

Melihat kondisi tersebut, Rudi mengungkapkan pihaknya sudah mengerahkan petugas untuk menormalkan jaringan di daerah terdampak gempa. Hingga pukul 10.30 WITa, 86 persen dari total sistem kelistrikan di Lombok sudah pulih.

Adapun beberapa daerah yang listriknya sudah kembali nyala di antaranya Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Utara, sebagian Kabupaten Lombok Timur, serta sebagian Kabupaten Lombok Tengah.

Sementara di Sumbawa, daerah yang pasokan listriknya berangsur pulih adalah beberapa daerah di Taliwang Kota, Utan, hingga Gontar.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/20/163503926/gempa-ganggu-sistem-kelistrikan-pln-di-lombok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke