Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Pastikan Impor Beras Tahun Ini Hanya 2 Juta Ton

"Keputusan (impor 2 juta ton) itu sudah dari bulan April, berdasarkan rakor (rapat koordinasi), bukan saya yang impor," kata Enggar saat ditemui usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (27/8/2018).

Enggar menjelaskan, pelaksanaan impor beras 2 juta ton dilakukan oleh Perum Bulog. Keputusan untuk impor beras 2 juta ton juga didasarkan pada pertimbangan Bulog yang menilai permintaan dan penawaran serta perkiraan stok beras yang aman untuk sepanjang tahun ini.

"Karena suplainya berkurang dan kecenderungan harganya meningkat, keterisian stoknya berkurang, maka kami isi," tutur Enggar.

Enggar merunut, tahun 2014 pemerintah telah mengimpor 2,5 juta ton beras. Sementara tahun 2015 hingga 2016 pemerintah mengimpor 1,5 juta ton, ditambah dengan 2 juta ton beras impor untuk kebutuhan tahun ini.

Dalam waktu dekat, Enggar memastikan beras impor akan dikeluarkan ke pasar dengan mempertimbangkan ketersediaan stok di lapangan. Hal itu dilakukan guna menjaga stabilitas harga dan tingkat inflasi.

"Sekarang kami sudah rakor, dan memerintahkan kembali guyur pasar atau penetrasi pasar mulai hari ini," ujar Enggar.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/27/183000626/mendag-pastikan-impor-beras-tahun-ini-hanya-2-juta-ton

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke