Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Ambang Krisis, Argentina Minta IMF Kucurkan Pinjaman Lebih Awal

Hal itu dilakukan untuk mengurangi kekhawatiran investor mengenai potensi negara ini yang tidak akan dapat memenuhi kewajiban utangnya untuk 2019.

Dikutip dari The Guardian Kamis (30/8/2019) Mauricio mengatakan dalam pidato di televisi Argentina, pihaknya telah setuju dengan IMF yakni mempercepat penyaluran dana yang diperlukan untuk menjamin keuangan tahun depan."

Mauricio mengatakan bahwa dalam sepekan terakhir terdapat penurunan kepercayaan di pasar kepada Argentina. Dia mengatakan, keputusan ini adalah usaha untuk menghilangkan ketidakpastian itu. Tapi dia tidak menentukan jumlah atau kapan dana akan dirilis.

Argentina terpaksa melakukan kesepakatan dengan IMF awal tahun ini setelah depresiasi tajam mata uangnya. Kesepakatan pembiayaan siaga tiga tahun ditujukan untuk memperkuat ekonomi yang melemah dan membantu memerangi inflasi. Nilai inflasi diangka 30 persen per tahun adalah salah satu yang tertinggi di dunia.

Mata uang Argentina pun kembali jatuh pada Rabu (29/8/2018) yang ditutup pada level terendah sepanjang masa yakni 34,2 peso per dolar AS.

IMF mengatakan seperti yang dilansir dari The Guarian, mereka akan merevisi rencana ekonomi pemerintah dengan fokus mengisolasi Argentina agar lebih baik di perkembangan pasar keuangan global.

Termasuk melalui kebijakan moneter dan fiskal yang lebih kuat serta upaya yang mendalam untuk mendukung yang masyarakat yang rentan di Argentina.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/30/113500626/di-ambang-krisis-argentina-minta-imf-kucurkan-pinjaman-lebih-awal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke