Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luncurkan "Harga Teman", Giant Turunkan Harga 600 Produk

Direktur Operasional Giant Stefanus Mulianto mengatakan, banyak dari pelanggan Giant yang menginginkan harga lebih murah untuk produk-produk favorit tertentu.

“Kami mendengarkan kebutuhan pelanggan yang menginginkan harga yang lebih murah dan lebih stabil untuk produk-produk yang sering mereka beli. Untuk itu kami meluncurkan program Harga Teman di mana kami melakukan penurunan harga lebih dari 600 produk favorit pelanggan," ujar Setavanus di Giant Ekstra BSD Tangerang, Kamis (30/9/2018).

Dia menambahkan, setiap pelanggan yang berbelanja produk dengan label "Harga Teman" tidak dibatasi jumlah pembeliaannya.

"Karena ini kebutuhan favorit pelanggan, kita tidak membatasi jumlah pembelian. Kemudian yang kita jadikan fokus adalah pelanggan, kalau dibatasi nanti fokus kita justru bisa hilang ke pelanggan," tutur Stevanus.

Mengenai harga dari produk "Harga Teman", Stevanus menyebutkan bahwa program ini adalah bukan promosi yang biasa dilakukan. Walaupun dari waktu ke waktu nanti akan ada justifikasi harga yang akan dilakukan, tapi "Harga Teman" adalah murni penurunan harga yang lebih stabil.

Lebih lanjut, harga-harga yang tertera saat ini adalah berlaku sama di seluruh Indonesia yang hingga Juni 2018 tercatat ada 59 gerai Giant Ekstra dan 99 gerai Giant Ekspres yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Jika memang pasar ada kebutuhan harga yang mesti di-upgrade akan kami akan lakukan. Tentu saja dengan melihat pelanggan juga. Kami tidak akan lakukan perubahan perubahan harga per hari. (Kesamaan) Harga ini berlaku di seluruh Giant Ekstra dan Ekspres di seluruh Indonesia" jelasnya.

Seiring waktu berjalan, produk-produk yang ada dalam kategori "Harga Teman" akan diulas kembali. Sehingga nanti bisa akan lebih diupdate baik variasi maupun jumlah yang ada dalam kategori ini.

"Lebih dari 600 produk saat ini adalah yang favorit bagi pelanggan yang dalam keranjang belanjanya adalah produk-produk utama. Oleh karena itu kita masukan ke dalam program Harga Teman," tutur Stevanus.

Program “Harga Teman” ini mulai berlaku tanggal 30 Agustus 2018. Adapun produk-produk di antaranya yang masuk ke dalam program "Harga Teman" yakni produk bumbu masakan hemat hingga 40 persen, produk daging dan ikan hemat hingga 33 persen, produk sayuran hemat hingga 23 persen, produk makanan kaleng hemat hingga 21 persen, produk minuman hemat hingga 19 persen.

Kemudian, ada pula produk pembersih rumah hemat hingga 20 persen, produk sambal/saus hemat hingga 19 persen, produk susu UHT hemat hingga 12 persen, produk aundry hemat hingga 16 persen, produk daging dan ikan beku hemat hingga 18 persen, produk kecantikan hemat hingga 16 persen.

Stevanus juga mengungkapkan program "Harga Teman" ini akan terus berkelanjutan dan akan terus diakan ulasan mengenai produk-produk yang masuk dalam kategori "Harga Teman" nantinya

Dongkrak kinerja

Sementara itu, GM Corporate Affairs PT Hero Supermarket Tbk Tony Mampuk mengatakan, "Harga Teman" merupakan bagian dari program yang diharapkan dapat memperbaiki kinerja perusahaan di sektor retail food ke depan.

“Kita tahu bahwa kontribusi retail food mengalami penurunan sekitar 7 persen dari pada periode sebelumnya. Ini (Harga Teman) jadi salah satu upaya yang diharapkan juga akan memberi kontribusi yang baik,” ujar Tony kepada Kompas.com.

Kemudian, selain menyelenggarakan program menarik ada pula momen-momen penting yang akan dimanfaatkan untuk lebih mendongkrak penjualan dan menggaet pelanggan. Namun, untuk saat ini yang penting adalah menawarkan harga murah kepada konsumen.

"Momentum seperti lebaran, Natal dan tahun baru (dimanfaatkan). Kita sekarang melihat dua kesempatan itu yang sangat baik untuk kita manfaatkan. Namun, yang paling penting sekarang, kita mau mencoba memberikan harga yang murah setiap hari," tutur Tony.

Dia menegaskan bahwa program "Harga Teman" bukan suatu promosi. Artinya, jika produk dalam kategori ini terkena promosi lagi, mungkin harganya bisa lebih murah, tapi tidak bisa lebih mahal.

"Kalau Harga Teman sudah segitu, kecuali memang kalau ada isue dari sisi supplier atau pemasok kita. Otomastis kita harus menyesuaikan dengan hal itu. Selain itu produk dalam Harga teman ini tetap kita turunkan dan stabil," jelasnya.

Lebih lanjut, mengenai gerai yang dimiliki oleh perusahaan saat ini sedang optimalisasi baik dari segi kondisi maupun program-programnya.

"Sampai akhir tahun kita ingin optimalisasi apa yang ada supaya lebih baik lagi. Kita perbaiki lagi kondisinya, kita lengkapi mereka dengan program-program seperti Harga Teman supaya bisa trading lebih baik lagi," ucap Tony.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/30/174637826/luncurkan-harga-teman-giant-turunkan-harga-600-produk

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke