Salin Artikel

Sebentar Lagi SPBU Pertamina Bisa Layani Cas Mobil Listrik

"Pilot project sudah ada di Kuningan di SPBU Pertamina Retail," ujar Direktur Pemasaran Retail Pertamina Masud Khamid di Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Mesin pengisian daya mobil listrik sebelumnya telah diuji coba di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dinamakan Green Energy Station. Dengan demikian, nantinya di SPBU tak hanya ada oil dan gas, tapi juga listrik. Bahkan, rencananya di SPBU Pertamina juga disediakan baterai cadangan untuk motor listrik.

"Kalau motor listrik mau habis, silakan ke situ tuker baterai. Kalau mau mobil, ya di-charge," kata Masud.

Pertamina bekerja sama dengan beberapa pemegang merk besar di Amerika, Eropa, dan Jepang untuk mewujudkan stasiun penyaluran listrik ini. Untuk sementara waktu, Pertamina belum menargetkan berapa SPLU yang akan beroperasi. Pihaknya akan terlebih dahulu melihat animo masyarakat mengenai stasiun pengisian daya listrik itu. Pertamina juga akan selektif memilih daerah yang akan dipasang SPLU.

"Kita taruh di kota-kota yang penetrasi mobil listriknya tinggi. Kan, pabrikan motor listrik mulai agresif. Teknologi kendaraan listrik sudah banyak dipakai," kata Masud. Selain itu, untuk membuat pelanggan nyaman, nantinya disediakan kafe untuk pelanggan sambil menunggu kendaraannya diisi ulang.

"Karena kalau mengecas butuh waktu, ya harus ada kafe di SPBU," kata dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/03/101100226/sebentar-lagi-spbu-pertamina-bisa-layani-cas-mobil-listrik

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.