Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Devisa Hasil Ekspor, Pemerintah Dekati Eksportir

DHE diupayakan kembali ke Indonesia untuk menjaga ketahanan devisa yang terus tergerus sejak awal tahun dalam rangka menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan pembayaran utang luar negeri.

"Kami sedang coba meyakinkan dengan ngomong satu per satu (eksportir), nanti kami lihat hasilnya," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai rapat dengan Badan Anggaran di DPR RI, Rabu (5/9/2018).

Darmin menyebut, sebelumnya Bank Indonesia telah menyesuaikan biaya swap valas untuk mendorong para eksportir lebih tertarik membawa pulang hasil devisanya ke dalam negeri. Dalam hal ini, pemerintah turut berperan dengan komunikasi ke pelaku usaha termasuk eksportir agar rencana tersebut dapat berjalan lancar.

Adapun swap merupakan transaksi pertukaran dua valas melalui pembelian tunai dengan penjualan kembali secara berjangka. Swap bermanfaat untuk mendapat kepastian kurs karena kurs yang dipakai bersifat tetap selama masa kontrak.

Terlepas dari upaya tersebut, Darmin mengaku ada upaya lain yang akan didorong untuk menstabilkan nilai tukar rupiah. Namun, dia belum mau menjelaskannya saat ini.

"Kalau enggak (dengan) insentif, bisa juga yang lain. Saya enggak mau ngomong dulu," tutur Darmin.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/05/193900926/soal-devisa-hasil-ekspor-pemerintah-dekati-eksportir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke