Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pegadaian Berencana Jadi Penyalur Dana untuk Fintech P2P Lending

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) berencana akan terjun ke bisnis teknologi finansial (fintech) yakni dengan menjadi lender atau penyalur dana kepada masyarakat melalui peer-to-peer (P2P) lending.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Digital dan TI Pegadaian Teguh Wahyono dalam upaya perluasan portofolio bisnis Pegadaian agar tidak kalah saing.Terkait bentuknya, perseroan akan berkolaborasi dengan fintech yang dapat dipercaya Pegadaian untuk diberikan dana yang nantinya akan disalurkan.

"Kita berencana kolaborasi dengan fintech peer-to-peer (lending). Kita siap jadi lender untuk mereka," ujar Teguh di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Pegadaian sendiri telah menyiapkan dana sebesar 40-50 persen dari total dana belanja modal (capex) mereka tahun ini senilai Rp 1 triliun untuk pengembangan digital dari perseroan.

"Total modal Pegadaian tahun ini Rp 1 triliun. Kira-kira 40-50 persen dipakai untuk ekspansi digital Pegadaian," ucap Teguh.

Teguh menambahkan, saat ini perseroan sedang mempersiapkan rencana ini bersama beberapa perusahaan fintech.

“Sedang kita proses, rencana target kuartal IV 2018," dia menuturkan.

Walaupun enggan menyebut perusahaan fintech itu, Teguh membeberkan saat ini yang sedang dalam proses sudah ada 2-5 fintech.

“Yang sudah dalam proses 2-5 fintech. Pemain cukup besar di Indonesia,” ucap Teguh.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/13/201246226/pegadaian-berencana-jadi-penyalur-dana-untuk-fintech-p2p-lending

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke