Salin Artikel

Mendes PDTT Minta Kades Berdayakan Ekonomi Desa

Pada 2018, Desa Tambirejo mendapatkan dana desa sebesar Rp 829.597.000. Berdasarkan hasil musyawarah desa, masyarakat sepakat membangun talud dengan menggunakan anggaran dana desa 2018 tahap II sebesar Rp 50 juta.

Talud jalan tersebut berfungsi menahan longsor dan memperlancar jalur air.

"PKT di sini kata Pak Jokowi sudah bagus. Tadi Pak Jokowi nanya, berapa dibayar pekerjanya, tadi Rp 70.000 ya. Tukangnya dibayar Rp 90.000 sesuai UMP di sini dan dibayar harian setiap hari, setiap sore," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo dalam pernyataan tertulis, Senin (17/9/2018).

Proses pembangunan talud membutuhkan waktu selama 2 minggu dan dikerjakan oleh 12 orang tenaga kerja. Adapun upah untuk kepala tukang sebesar Rp 100.000, tukang Rp 90.000, dan buruh sebesar Rp 70.000.

"Tadi saya lihat pembangunan infrastrukturnya sudah cukup bagus, agak kering sedikit karena bendungannya sedang diperbaiki, mudah-mudahan bulan depan sudah selesai," kata dia.

Apalagi, ia melanjutkan, pemerintah bakal membuat program 100 desa dengan memberikan bantuan afirmasi Rp 150 miliar untuk 100 desa.

"Tadi saya minta pada Pak Kades dan Pak Bupati untuk menggenjot lagi ke pemberdayaan ekonomi juga BUMDes-nya untuk meningkatkan APBDes. Nanti kita akan ada show case-show case (desa percontohan) tentunya tidak semua desa, beberapa desa kita bantu untuk percontohan sebesar Rp 1,2 miliar untuk pemberdayaan ekonomi, yang paling penting memberikan lapangan pekerjaan," ujar dia.

Pemerintah telah menggelontorkan dana desa pada tahun ini sebesar Rp 60 triliun. Bahkan, tahun depan dana desa ditargetkan meningkat menjadi Rp 73 triliun.

"Desa ini karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM)-nya sudah membaik jadi dana desanya tetap. Kan dana desanya bagi rata, yang daerah-daerah miskin dapat sampai Rp 3,5 miliar. Tahun depan tidak mungkin jumlahnya lebih kecil dari Rp 1 miliar dan tahun ini tidak mungkin kurang dari Rp 800 juta,” kata dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/17/173956426/mendes-pdtt-minta-kades-berdayakan-ekonomi-desa

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.