Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Aman Simpan Uang Saat "Travelling"

Ada banyak sebab uang raib saat travelling, apakah itu dicuri, terjatuh, tertinggal di suatu tempat, dan lainnya. Namun, terlepas apapun itu penyebabnya, ada cara yang ampuh menyimpan uang saat travelling.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tips aman simpan uang saat travelling yang bisa Anda lakukan.

1.  Jangan simpan uang di satu tempat

Siapapun orangnya pasti lebih suka jika menyimpan uang di dompet. Tetapi, kebiasaan ini harus diubah saat Anda liburan. Jangan menyimpan uang hanya di satu tempat saja.

Mulailah menyimpan uang di berbagai tempat tersembunyi yang sekiranya sulit dijangkau oleh pencopet, misalnya di dalam kaos kaki, sepatu, topi maupun ikat pinggang.

Alangkah baiknya jika Anda membagi-bagi uang sesuai jumlah kebutuhan, misalnya 30 persen disimpan di kaos kaki, 25 persen di ikat pinggang, 25 persen di dalam topi, dan 20 pesen disimpan dalam dompet.

Kalau seandainya uang yang ditaruh di dalam topi hilang, setidaknya Anda masih mempunyai uang di tempat lain, bukan? Sehingga Anda tetap dapat membayar uang tiket masuk untuk menikmati atraksi di suatu tempat atau menuju destinasi liburan lainnya yang direncanakan.

2.  Pisahkan tempat menyimpan kartu kredit dan kartu debit

Selain mudah, transaksi dengan kartu debit maupun kartu kredit memang lebih praktis jika dibandingkan saat Anda harus bertransaksi dengan uang tunai. Bayangkan saja jika seandainya dompet Anda hilang maka Anda akan kehilangan semua kartu itu, bukan?

Jadi, sebaiknya simpan kedua kartu bernilai uang tersebut secara terpisah. Jangan menyimpan kartu kredit dan kartu kredit itu dalam satu dompet saja.

3.  Batasi penggunaan uang tunai

Saat liburan, sebaiknya batasi penggunaan uang tunai. Sehingga Anda tidak perlu membawa banyak uang di kantong. Tapi gunakan kartu kredit atau kartu debit sebagai transaksi utama selama travelling.

Bila terjadi kehilangan, Anda bisa segera menghubungi pihak bank untuk memblokir kartu tersebut agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4.  Hindari tarik tunai di ATM yang terpencil

Jika dibandingkan dengan di kota-kota besar, tingkat kriminalitas di tempat terpencil ternyata jauh lebih tinggi. Apabila destinasi liburan kebetulan berada di daerah kecil, sebaiknya berhati-hatilah saat hendak mengambil uang di mesin ATM.

Geseklah uang Anda di tempat yang ramai seperti di hotel, supermarket, bandara ataupun di kantor bank. Bawalah uang tunai tersebut ke destinasi wisata di dearah terpencil tersebut.
Dengan demikian, travelling akan menjadi lebih aman dan nyaman. Tidak hanya untuk Anda dan keluarga, tetapi juga untuk barang bawaan dan benda-benda berharga tentunya.

5.  Simpan di brankas hotel

Apabila Anda membawa barang-barang berharga seperti perhiasan, tas, maupun sepatu bermerek mahal, simpanlah semuanya dengan baik dalam sebuah brankas. Gunakan brankas kecil yang disediakan oleh pihak hotel untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Kunci brankas Anda menggunakan kata sandi yang sulit ditebak oleh orang lain. Hindari penggunaan kata sandi berupa tanggal lahir atau angka berurutan agar brankas Anda tidak mudah dibobol.

Apabila kata sandi yang Anda gunakan sulit untuk diingat, Anda bisa mencatatnya di ponsel atau secarik kertas. Ketika brankas tersebut ingin dibuka, Anda tinggal mengambil catatan tersebut untuk melihat kata sandinya.

6.  Foto semua dokumen penting yang dibawa

Tugas Anda ternyata belum selesai agar travelling berjalan lancar. Anda juga harus memfoto dokumen penting seperti KTP, paspor, visa, kartu kredit, kartu debit, dan lainnya sebelum berangkat.

Apabila dokumen ini hilang, Anda masih punya bukti identitas diri yang bisa ditunjukkan saat hendak melancong ke berbagai destinasi.

Supaya lebih mudah, Anda bisa mengambil gambar atau foto dari dokumen-dokumen penting tersebut melalui smartphone atau kamera. Simpan ponsel dan kamera Anda dengan baik. Kalau perlu, kirimlah gambar yang sudah dijepret itu kepada orang yang Anda percayai.
Ketika kamera atau ponsel hilang, Anda dapat meminta orang tersebut untuk mengirimkan ulang semua salinan dokumen yang sudah hilang tadi.

Catatlah nomor telepon keluarga, sahabat dan kerabat dalam sebuah buku catatan kecil. Apabila kejadian yang tidak diharapkan terjadi, Anda bisa langsung menghubungi mereka menggunakan telepon umum yang ada di sekitar.

Uang aman, liburan Menyenangkan

Mengingat tindak kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, sebaiknya amankan barang-barang berharga selama Anda bepergian, khususnya uang.

Simpanlah uang tersebut dengan baik untuk menghindari kasus kehilangan atau pencopetan. Dan tetaplah waspada pada orang-orang yang ada di sekitar Anda. Selamat berlibur!

Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan Cermati.com. Isi artikel di luar tanggung jawab Kompas.com.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/22/101100926/tips-aman-simpan-uang-saat-travelling-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke