Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BCA: Dalam Waktu Dekat, Nasabah Bisa Transaksi Apapun Pakai HP

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk mengisyaratkan untuk merilis fitur pembayaran terbaru yang bisa dilakukan melalui mobile banking dalam waktu dekat. Teknologi yang digunakan untuk fitur atau sistem pembayaran tersebut menggunakan Quick Response (QR) code.

"Dalam waktu dekat, hanya pakai handphone, bisa melakukan pembayaran di manapun. Bukan cuma di kota besar, di mana yang ada internet, itu bisa transaksi," kata Vice President Transaction Banking Product Development BCA Fera Agustina dalam acara Kafe BCA On The Road di Yogyakarta, Sabtu (22/9/2018).

Fera mengungkapkan, meski akan diimplementasikan dalam waktu dekat, BCA tetap menunggu standarisasi sistem pembayaran dengan QR code oleh Bank Indonesia (BI). Kemungkinan besar, menurut Fera, BI akan segera melaksanakan pilot project standarisasi sistem pembayaran QR code sebelum diterapkan secara penuh.

"BI ke depan memang mengembangkan (teknologi) QR (code). Dengan begitu, ada alternatif transaksi buat nasabah, kalau enggak bawa kartu bisa dengan mobile (banking) yang bisa motong dari kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik," ujar Fera.

Guna mempersiapkan standarisasi QR code, BCA turut menyiapkan infrastruktur untuk memperlancar sistem pembayaran menggunakan teknologi tersebut. Seluruh infrastruktur yang mendukung pelaksanaan sistem pembayaran dengan QR code ditargetkan BCA selesai dalam tahun ini.

"Infrastrukturnya mudah-mudahan siap semua tahun ini," tutur Fera.

Upaya menghadirkan layanan sistem pembayaran dengan QR code sejalan dengan data internal BCA yang memperlihatkan tren nasabah sebagian besar sudah beralih ke cara digital.

Dari total nasabah BCA saat ini, tercatat 90 persen merupakan nasabah yang intens bertransaksi via kanal digital dan 10 persennya masih bertransaksi di kantor cabang.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/22/151500826/bca--dalam-waktu-dekat-nasabah-bisa-transaksi-apapun-pakai-hp

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke