Salin Artikel

Dana Talangan BPJS Kesehatan Sudah Cair, Ini Harapan Sri Mulyani

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi cairnya dana talangan BPJS Kesehatan sebesar Rp 4,9 tirliun hari ini, Senin (24/9/2018).

Dia berharap, keberadaan dana tersebut dapat membantu mengatasi permasalahan defisit BPJS kesehatan. Sehingga, dapat menjaga keberlanjutan kinerja dari BPJS Kesehatan sendiri.

"Itu sudah kita laksanakan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) dan Dirutnya sudah melaksanakan kontrak kinerja yang di terdapat di dalam PP dalam rangka mengendalikan defisit BPJS," ujar Sri Mulyani ketika ditemui awak media di kantornya, Senin (24/9/2018).

Sri Mulyani menjelaskan, dirinya akan terus bekerja sama dengan kementerian terkait, seperti Kementerian Kesehatan agar kondisi keuangan BPJS Kesehatan dapat lebih terkendali.

Sebagai informasi, dana talangan sebesar Rp 4,9 triliun disiapkan pemerintah dari APBN yang didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 113 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyediaan Pencairan dan Pertanggungjawaban Dana Cadangan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

BPJSKesehatan sendiri telah memprediksi defisit mereka mencapai Rp 16,5 triliun hingga akhir tahun. Adapun dana talangan kali ini berdasarkan tunggakan BPJS Kesehatan kepada rumah sakit hingga Juli 2018.

Per September 2018, jumlah tunggakan BPJS Kesehatan sudah mencapai Rp 7,05 triliun.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/25/053000326/dana-talangan-bpjs-kesehatan-sudah-cair-ini-harapan-sri-mulyani

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.