Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Minta PTDI Serap Lebih Banyak Komponen Lokal

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar industri penerbangan Indonesia lebih banyak menyerap komponen lokal. 

Permintaan itu disampaikan Budi Karya secara khusus ke PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

PTDI dan Lapan diketahui telah menghasilkan pesawat N219 yang saat ini tengah dalam tahap sertifikasi. Budi Karya pun mengapresiasi hal tersebut dan meminta kedua institusi tersebut memakai komponen lokal lebih besar ke depannya.

"Kita konsentrasi juga kepada PTDI untuk meningkatkan lokal konten yang sekarang ini 45 persen agar diupayakan lebih dari 50 persen," terang Budi Karya di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Lebih lanjut Budi Karya juga meminta berbagai perusahaan industri penerbangan lainnya melakukan hal sama. Selain menyerap komponen produk penerbangan produksi PTDI, berbagai pihak tersebut mengutamakan pembelian produk dalam negeri.

Adapun terkait pesawat N219, Budi Karya mengaku bakal mempromosikannya ke berbagai pemerintah daerah.

Pasalnya, pesawat tersebut dinilai Budi Karya cocok untuk meningkatkan efisiensi konektivitas antar-wilayah di Indonesia.

"Kita memang harus selalu memikirkan bagaimana N219 dari PTDIagar bisa digunakan secara masif oleh pemerintah daerah kita. Banyak sekali daerah-daerah yang remote yang tidak mudah dicapai tetapi kita harus supply berbagai macam barang dan harus mengoneksikan orang-orang yang bertempat tinggal di sana," pungkas Budi Karya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/26/050000226/menhub-minta-ptdi-serap-lebih-banyak-komponen-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke