Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zurich Beli 80 Persen Saham Adira Insurance Senilai Rp 3,9 Triliun

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengumumkan penandatanganan perjanjian penjualan dan penyertaan saham bersyarat atau conditional sales and subscription agreement (CSSA) dengan Zurich Insurance Company Ltd untuk penjualan 70 persen kepemilikan saham pada PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), anak usaha Bank Danamon yang bergerak di segmen asuransi umum.

Harga saham yang dijual tersebut adalah sekitar Rp 3,9 triliun.

Dalam klausul transaksi, Zurich akan membeli secara total 80 persen kepemilikan saham pada Adira Insurance dari Bank Danamon, yakni 70 persen dan pemegang saham minoritas, yakni 10 persen.

Adira Insurance pun menjalin kemitraan strategis dengan Bank Danamon dan anak usaha Bank Danamon yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance).

Zurich merupakan salah satu kelompok perusahaan asuransi terkemuka di dunia. Investasinya di Adira Insurance akan memungkinkan Adira Insurance untuk memanfatkan kekuatan finansial, keahlian produk dan underwriting, serta kemampuan digital Zurich untuk pertumbuhan perusahaan.

“Adira Insurance merupakan bagian yang penting dari Danamon Group. Penting bagi kami untuk memberikan apresiasi terhadap manajemen Adira Insurance yang lalu maupun saat ini karena telah membawa perusahaan menjadi penyedia layanan asuransi umum terbesar nomor enam di Indonesia," kata Direktur Utama Bank Danamon Sng Seow Wah dalam keterangan resmi, Kamis (27/9/2018).

Sebagai bagian dari Zurich Group, kata Sng, pihaknya yakin Adira Insurance akan terus tumbuh dan memberikan layanan komprehensif kepada nasabah.

Transaksi ini telah memperhatikan peraturan dan ketentuan yang lazim untuk transaksi serupa, termasuk, antara lain, persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Para pemegang saham disarankan untuk berhati-hati dalam memperdagangkan sahamnya di Bank Danamon.

Adapun Barclays berperan sebagai penasehat keuangan eksklusif. Sementara itu, Hiswara, Bunjamin & Tandjung berperan sebagai penasehat hukum.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/27/141835926/zurich-beli-80-persen-saham-adira-insurance-senilai-rp-39-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke