Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pembiayaan dan Asuransi Bencana Dibahas di Pertemuan IMF-Bank Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sebagai tuan rumah Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia mengusulkan untuk membahas tentang strategi pembiayaan dan asuransi atas risiko bencana.

Usulan ini dijadikan bagian dari sejumlah side event yang diadakan dalam rangkaian acara Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia pekan depan.

"Ada seminar mengenai strategi pembiayaan dan asuransi atas risiko bencana. Ini secara khusus akan diadakan sebagai side event di sana atas usulan Indonesia," kata Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang sekaligus mewakili Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia, Susiwijono, di kantornya, Senin (1/10/2018).

Menurut Susiwijono, gagasan ini didasari oleh pentingnya kebutuhan pembiayaan dan skema asuransi sebagai bentuk antisipasi serta penanggulangan sebuah negara ketika mengalami bencana. Gagasan yang sama jauh sebelumnya telah disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam kesempatan yang lain.

Strategi yang dimaksud juga dinilai tidak hanya penting bagi Indonesia yang memang sebagian wilayahnya rawan terhadap bencana. Indonesia meyakini, negara lain juga turut merasakan hal yang sama, khususnya yang tempat mereka sama-sama rawan terhadap bencana.

"Karena bencana ini tidak hanya terjadi di Indonesia," tutur Susiwijono.

Selain mengusung topik khusus ini, Indonesia juga akan fokus pada beberapa topik yang jadi sub-bahasan selama Pertemuan Tahunan berlangsung.

Sub-bahasan yang dimaksud di antaranya tentang ekonomi dan keuangan digital, urbanisasi, Sumber Daya Manusia (SDM), perubahan iklim, pembiayaan infrastruktur, penguatan sistem moneter internasional, hingga ekonomi syariah.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/01/192650126/pembiayaan-dan-asuransi-bencana-dibahas-di-pertemuan-imf-bank-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke