Salin Artikel

Mentan Lepas 500 Truk Bantuan untuk Korban Gempa Sulteng

Pada Kamis (4/10/2018), Menteri Pertanian Amran Sulaiman secara resmi melepas bantuan sebanyak 500 truk untuk korban bencana gempa dan tsunami di kawasan Sulawesi Tengah.

Dalam acara yang digelar di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Amran mengatakan, bantuan itu diharapkan mampu meringankan kesusahan warga terdampak bencana.

"Langkah itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa para anggota kabinet mesti meringankan beban korban bencana di Sulawesi Tengah," ujar Amran.

Ia menjelaskan, ratusan truk bantuan pangan senilai Rp 25 miliar itu digalang oleh Kementerian Pertanian bersama pemerintah provinsi Sulawesi Selatan, badan usaha milik negara (BUMN), serta kalangan swasta.

Adapun bantuan yang diberikan berupa bahan pangan pokok, sandang, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Update Gempa dan Tsunami Sulteng: Dari Jumlah Korban Sampai Bantuan Internasional

"Ini adalah aksi kedua peduli bencana kami. Sebelumnya telah dibantu pula para korban bencana di Lombok," imbuh Amran.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengapresiasi inisiatif Kementerian Pertanian untuk menggalang bantuan bagi korban bencana Sulawesi Tengah.

"Terima kasih kepada Bapak Menteri Pertanian, hari ini kita bisa bersatu meringankan beban sesama saudara di Sulawesi Tengah," ucap Nurdin.

Sebagaimana diberitakan, gempa bermagnitudo 7,4 melanda sejumlah kawasan Sulawesi Tengah, Jumat (28/10/2018) pukul 17.02 WIB.

Akibat gempa tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat, hingga Rabu (3/10/2018), sedikitnya 1.407 orang meninggal dunia dan 2.459 orang luka berat.

Selain itu, dilaporkan sebanyak 113 orang hilang, 152 orang tertimbun, dan 65.733 rumah rusak berat.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/04/141000126/mentan-lepas-500-truk-bantuan-untuk-korban-gempa-sulteng

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.