Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lowongan CPNS Dibuka, Optimisme Konsumen Meningkat

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei Bank Indonesia (BI) menyatakan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi pada September 2018 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen sebesar 112,4, lebih tinggi daripada bulan sebelumnya sebesar 121,6.

"Salah satu yang mendorong meningkatnya optimisme konsumen yakni membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini," tulis bank sentral dalam pernyataannya, Jumat (5/10/2018).

Salah satu penopangnya adalah ketersediaan lapangan kerja. Hal ini disebabkan pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejak September lalu dan diperpanjang hingga 15 Oktober 2018.

Diketahui, kementerian dan instansi daerah membuka lowongan 238.000 formasi. Selain itu, ada pula pembukaan lowongan oleh BUMN dan swasta.

Ketersediaan lapangan kerja pun naik 4,7 poin menjadi 98,6. Data BI melaporkan, kenaikan indeks terjadi pada responden dengan tingkat pendidikan SMA dan akademi

Secara umum, indeks kondisi ekonomi saat ini per September 2018 naik 1 poin menjadi 110,2 dibandingkan bulan sebelumnya. Selain naiknya persepsi terhadap lapangan kerja, keyakinan konsumen untuk membeli barang tahan lama juga meningkat.

Indeks pembelian barang tahan lama menunjukkan kenaikan dari 113,6 menjadi 113,9. Meningkatnya pembelian barang tersbeut terutama pada jenis barang elektronik seperti handphone, televisi, komputer, diikuti dengan furniture dan perabotan rumah tangga.

Meningkatnya keyakinan terhaap pembelian barang tahan lama terjadi hampir di seluruh kategori tingkat pengeluaran, terutama responden dengan pengeluaran Rp 4,1 juta -5 juta per bulan dan berusia di atas 40 tahun.

Di sisi lain, pengahsilan konsumen pada September 2018 masih mengalami kenaikan meski ada perlambatan dibanding bulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari Indeks Penghasilan saat ini sebesar 118,2, lebih rendah dari bulan lalu sebesar 120,2.

Melemahnya indeks tersebut terjadi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 2,1-3 juta dan Rp 4,1 juta - 5 juta. Usia pelemahan indeks terjadi pada responden berusia 51-60 tahun.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/05/124000026/lowongan-cpns-dibuka-optimisme-konsumen-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke