Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putra Mahkota Arab Saudi Pastikan Aramco IPO Tahun 2021

DUBAI, KOMPAS.com - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menyatakan rencana untuk menjual saham raksasa minyak Aramco akan tetap berjalan. Ia menjanjikan Aramco akan melantai di bursa melalui skema penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada tahun 2021.

Pangeran berusia 33 tahun tersebut pun tetap ambisius bahwa Aramco dapat meraup dana sekitar 2 triliun dollar AS atau lebih. Hal ini diungkapkan bin Salman dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (7/10/2018).

Komentar tersebut dilontarkan bin Salman setelah target jadwal IPO Aramco tak terwujud.

"Saya yakin (Aramco akan IPO) pada akhir 2020, awal 2021," sebut bin Salman dalam wawancara di istana kerajaan Arab Saudi di Riyadh.

Pada saatnya IPO nanti, imbuh dia, investor akan menentukan harga saham Aramco. Ia meyakini valuasi Aramco akan mencapai 2 triliun dollar AS lantaran IPO Aramco akan sangat besar.

Rencana IPO Aramco pertama kali diumumkan pada tahun 2016 lalu. Aksi korporasi tersebut merupakan bagian dari Visi 2030 untuk memodernkan ekonomi Arab Saudi.

Para pejabat Arab Saudi berulang kali menyatakan bahwa rencana IPO Aramco tetap sesuai jadwal dan tepat waktu. Namun, kemudian IPO Aramco ditunda dan malah dilakukan pembicaraan untuk membeli saham mayoritas raksasa petrokimia Sabic.

Menurut bin Salman, IPO Aramco sepenuhnya merupakan kepentingan Arab Saudi.

"Setiap orang mendengar tentang rumor bahwa Arab Saudi membatalkan IPO Aramco, dan ini menunda Visi 2030. Itu tak benar," sebut bin Salman.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/07/104413326/putra-mahkota-arab-saudi-pastikan-aramco-ipo-tahun-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke