Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur BI: Pembangunan Infrastruktur Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi ke 6,5 Persen

"Salah satu studi menunjukkan (pembangunan) infrastruktur bisa mendorong pertumbuhan ekonomi sampai 6,5 persen, tentunya dengan reform yang lain," kata Perry saat konferensi pers acara Indonesia Investment Forum 2018 di Hotel Conrad, Tanjung Benoa, Selasa (9/10/2018).

Dari data tersebut, Indonesia terus yakin mendorong pembangunan infrastruktur dengan salah satunya mengembangkan skema pembiayaan yang melibatkan sektor swasta atau Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Untuk proyek-proyek pemerintah, Menteri BUMN Rini Soemarno sebelumnya menyebut ada peluang investasi swasta senilai 42,1 miliar dollar AS.

Dari pengembangan metode pembiayaan yang aktif melibatkan pihak swasta, Perry juga menuturkan akan mengurangi defisit transaksi berjalan yang saat ini masih menjadi PR pemerintah. Sehingga tidak hanya mengatasi kendala ekonomi dalam negeri berupa defisit transaksi berjalan, namun juga mendorong pertumbuhan ekonomi pada saat yang bersamaan.

"Manfaat lainnya, memperluas kesempatan bagi investor domestik maupun internasional untuk berpartisipasi dalam pembiayaan infra dengan berbagai macam instrumennya. Bisa dibeli oleh masyarakat. Tidak hanya pembiayaan dari perbankan meningkat, tapi dari yang ritel juga bisa meningkat," tutur Perry.

Dalam mendukung pembiayaan infrastruktur dari sektor swasta, pemerintah bersama kementerian dan lembaga terkait telah menyusun skema pengelolaan risiko yang jadi jaminan untuk meyakinkan investor berpartisipasi dalam proyek di Indonesia. Pengelolaan risiko yang dimaksud dalam hal risiko nilai tukar, suku bunga, dan likuiditas.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/09/122600126/gubernur-bi--pembangunan-infrastruktur-bisa-dorong-pertumbuhan-ekonomi-ke-6

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke