Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos IMF: Indonesia, Kami Berdiri Bersama Anda

Lagarde juga menekankan bahwa IMF dan ratusan negara anggotanya ada untuk mendukung Indonesia yang berusaha bangkit dari bencana dengan berbagai cara.

"Kami lihat kehancuran, kami lihat keberanian masyarakat setempat. Kami berusaha menolong dengan berbagai cara, dan kami berdiri bersama anda," kata Lagarde di hadapan ratusan wartawan internasional, Kamis (11/10/2018).

Lagarde menilai, masyarakat Indonesia memiliki semangat luar biasa akan solidaritas meski sedang diliputi duka usai bencana. Dari hal tersebut, Indonesia diyakini juga bisa menghadapi keadaan yang buruk dan tetap bertahan serta berupaya untuk memperbaiki segala sesuatu yang hancur sebelumnya.

"Atas nama IMF dan Bank Dunia, simpati dan belasungkawa kami kepada masyarakat Indonesia dan keluarga yang menderita dan kehilangan," tutur Lagarde.

Anggota IMF sebelumnya mengumpulkan dana untuk menyumbang korban bencana di Palu (Sulawesi Tengah) dan Lombok (NTB) sebesar Rp 2 miliar. Sumbangan tersebut akan digunakan untuk penanganan korban gempa dan tsunami di Palu serta perbaikan resort di Lombok.

Kegiatan donasi ini dikemas dalam salah satu agenda di Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia bertajuk Solidarity for Lombok. Selain dari IMF, Bank Indonesia turut menyerahkan bantuan senilai Rp 500 juta untuk rehabilitasi lima masjid serta dua sekolah berikut sarana dan prasarananya di Lombok Barat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang sebelumnya sudah menggalang dana bantuan turut menyumbang Rp 500 juta. Sumbangan tersebut disalurkan melalui Nahdlatul Ulama (NU) cabang Jawa Timur untuk penanggulangan bencana di Lombok, termasuk memenuhi kebutuhan seragam di SDN Guntur Macan 1 dan 2 di Lombok.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/11/104900526/bos-imf--indonesia-kami-berdiri-bersama-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke