Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur BI Bertemu Bos The Fed Bahas Ekonomi Global

Dikutip dari laman resmi BI, kedua petinggi bank sentral ini membicarakan mulai dari perkembangan ekonomi secara global hingga normalisasi kebijakan moneter.

“Keduanya membicarakan tentang perkembangan ekonomi global, normalisasi kebijakan moneter di negara maju, serta dampaknya pada negara-negara berkembang,” sebut Perry.

Perry menyebutkan, ketahanan perekonomian Indonesia menghadapi dampak rambatan ekonomi global didukung bauran kebijakan (policy mix) yang dilakukan oleh BI bersama pemerintah.

Sebelumnya, dalam pertemuan Gubernur BI dengan Presiden The Fed Cabang New York John Williams, Perry menyebutkan bahwa saat ini ekonomi Indonesia masih stabil dan berdaya tahan cukup kuat.

"Saat ini, ekonomi Indonesia masih stabil dan berdaya tahan, tercermin dari pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang baik serta stabilitas sistem keuangan yang terjaga. Namun, tetap harus memperhatikan pengaruh ekonomi global," ujar Perry.

Pada pertemuan dengan Williams itu, Presiden The Fed Cabang New York ini juga memaparkan, tingkat pengangguran AS saat ini mencapai titik terendah sejak beberapa tahun terakhir, yakni sebesar 3,7 persen. Sementara tingkat inflasi juga terjaga, yakni masih di kisaran 2 persen.

Ekonomi AS diperkirakan akan semakin kuat dengan sejumlah stimulus fiskal yang dilakukan otoritas di sana. Williams turut memperkirakan, pertumbuhan ekonomi AS tahun ini bisa meningkat sampai 3 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan 2,5 persen pada 2019 mendatang.

Di sisi lain, kenaikan Fed Fund Rate turut berdampak terhadap perekonomian di negara lain, terutama negara berkembang.

Williams memandang, dalam hal ini mereka perlu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan negara lain karena ekonomi dunia kini saling terhubung, sehingga dampak negatif di suatu negara bukan tidak mungkin berdampak juga ke negara lain.

"Dengan saling terhubungnya ekonomi dunia, kebijakan AS dapat berpengaruh pada ekonomi global, dan pada gilirannya dapat kembali mempengaruhi ekonomi di AS," tutur Williams.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/14/062438826/gubernur-bi-bertemu-bos-the-fed-bahas-ekonomi-global

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke