Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Jadi Entreprenuer Lebih Cool Daripada Jadi PNS"

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha Kecil Menengah (UKM) terus mengalami perkembangan pesat selama kurun waktu 10 tahun ke belakang. Keberadaannya bahkan mulai beriringan dengan perusahaan-perusahaan besar yang sudah terlebih dahulu ada.

Salah satu hal yang bisa dilihat dari perkembangan tersebut adalah kini penggiat bisnis UKM bisa lebih mudah mengakses aset atau modal.

"Adanya digitalisasi telah membuat UKM dalam 10 tahun terakhir menghadirkan fenomena menarik bahwa aset atau resource mulai terdistribusi dengan merata dan tidak hanya dimonopoli perusahaan-perusahaan besar," jelas Pakar Pemasaran Yuswohady di Jakarta Theater, Kamis (18/10/2018).

Selain itu, sekarang para penggiat bisnis UKM melihat bahwa menjadi entrepreneur atau wirausaha merupakan sebuah gaya hidup yang cukup menarik untuk mereka.

Yuswohady menyatakan, banyak fresh graduate saat ini yang lebih ingin menjadi entrepreneur danDan membuka UKM sendiri ketimbang harus bekerja di perusahaan.

"Dulu ketika lulus, fresh graduate mau kerja di perusahaan besar, tetapi sekarang milenial muda merasa worth it bikin usaha sendiri. Buat mereka sekarang menjadi entrepreneur itu cool sementara dulu jadi PNS cool," sambungnya.

Terkait hal tersebut, Yuswohady kemudian juga menyoroti banyaknya komunitas entrepreneur muda dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut dia, keberadaan komunitas-komunitas tersebut menjadi jalan bagi para pemula bisnis UKM untuk mendapatkan ilmu menjalankan usahanya.

"Segala macam masalah solusinya ada di komunitas dan itu jadi pembeda antara dulu dan sekarang karena dulu UKM kerjanya sendiri-sendiri. Sekarang komunitasnya gampang sehingga ada keuntungan bisa belajarnya gampang dan jaringannya gampang," tandas Yuswohady.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/18/164958626/jadi-entreprenuer-lebih-cool-daripada-jadi-pns

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke