Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Minta Kemenhub Tak Andalkan APBN untuk Bangun Infrastruktur

Sebab, dana dari APBN hanya mencukupi 40 persen untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur di Indonesia.

"Kalau mengandalkan APBN saja, butuh waktu hingga 20 tahun untuk bisa membiayai seluruh proyek yang ada," ujar Sri Mulyani saat memberikan sambutan di acara Reform Leadership Training di Kementerian Perhubungan, Senin (22/10/2018).

Sri Mulyani pun mendorong agar Kemenhub menggunakan skema pembiayaan lain seperti skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Dulu kemenhub tergantung dengan APBN. Saya selalu bilang anggaran tidak cukup. Karena seluruh dunia sudah mempertimbangkan KPBU untuk mengatasi kendala tersebut," kata Sri Mulyani.

Untuk mendorong langlah itu, Sri Mulyani akan mendorong melalui instrumen fiskal. Dengan begitu, proyek-proyek yang akan dicanangkan oleh Kemenhub dapat dilirik investor asing maupun dalam negeri.

"Ini cara kita mengatur kekurangan anggaran. Pak Budi (Menteri Perhubungan) ingin Kemenhub bisa menjadi the top ministry yang melakukan KPBU," ucap dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/22/200900026/sri-mulyani-minta-kemenhub-tak-andalkan-apbn-untuk-bangun-infrastruktur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke