Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IMF Kucurkan Utang Rp 852 Triliun untuk Argentina

WASHINGTON, KOMPAS.com - Jajaran eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui paket pinjaman sebesar 56 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 852 triliun (kurs Rp 15.215). Utang ini dikucurkan untuk membantu stabilisasi ekonomi Argentina yang dilanda krisis.

Dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (27/10/2018), IMF menyatakan bahwa pinjaman sebesar 5,7 miliar dollar AS akan segera diberikan kepada pemerintahan yang dipimpin Presiden Mauricio Macri tersebut secepatnya.

Pada Juni 2018 lalu, Argentina telah mencapai kesepakatan pinjaman dengan IMF selama tiga tahun dengan dana yang disiapkan mencapai 50 miliar dollar AS. Kesepakatan ini untuk memberikan ruang gerak bagi pemerintah Argentina dan meyakinkan investor di tengah anjloknya mata uang dan menganganya defisit fiskal, termasuk inflasi yang meroket dan utang obligasi yang menekan.

Akan tetapi, Argentina yang sudah menerima pinjaman sebesar 15 miliar dollar AS, harus kembali memperoleh pinjaman untuk bantuan tambahan dengan pencairan yang lebih cepat. IMF pun telah mencairkan sekira 20 miliar dollar AS untuk Argentina.

Krisis ekonomi yang melanda Argentina disebabkan merosotnya keyakinan terhadap mata uang peso pada April 2018 lalu. Nilai tukar peso telah merosot 50 persen terhadap dollar AS sejak awal tahun 2018.

Pada Agustus 2018, peso tergelincir 20 persen hanya dalam waktu dua hari setelah Macri mengumumkan bahwa pihaknya tengah menegosiasi ulang pinjaman kepada IMF.

Macri pun menggelontorkan sejumlah kebijakan darurat. Ini termasuk memangkas jumlah kementerian dan menaikkan pajak ekspor.

Tahun lalu, defisit anggaran Argentina mencapai 3,9 persen dari produk domestik bruto (PDB). Pemerintah menargetkan angka tersebut turun menjadi 2,7 persen pada tahun 2018 dan nol persen pada tahun 2019.

Kementerian keuangan Argentina menyatakan, kesepakatan dengan jajaran eksekutif IMF termasuk komitmen untuk menjaga belanja program sosial mencapai lebih dari 1,2 persen dari PDB untuk melindungi golongan masyarakat yang paling rentan.

IMF mengestimasi ekonomi Argentina akan terkontraksi 2,6 persen pada tahun ini. Adapun inflasi diproyeksikan mencapai hampir 32 persen.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/27/135345926/imf-kucurkan-utang-rp-852-triliun-untuk-argentina

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke