Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mantan Menlu AS: RI Konsisten Tangani "Illegal Fishing"

NUSA DUA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) John Kerry mengapresiasi hal-hal yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia terkait illegal, unreported, unregulated (IUU) fishing.

Hal itu disampaikan Kerry khusunya kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti dalam konferensi internasional Our Ocean Conference (OOC) di Nusa Dua, Bali, Senin (29/10/2018).

“Saya mengapresiasi hal-hal yang dilakukan pemerintah Indonesia lewat OOC 2018 dengan menghadirkan berbagai pemangku kebijakan untuk membahas berbagai masalah dan berkomitmen soal perikanan, area kelautan terlindungi, dan lain-lain. Banyak orang datang ke sini untuk menghadirkan solusi soal tantangan lingkungan global,” jelas Kerry saat ditemui awak media di sela-sela OOC 2018.

Dia menyebut, tindakan yang dilakukan pemerintah melalui Menteri Susi dengan regulasi-regulasinya soal penanganan IUU cukup berani.

“Kita punya tanggung jawab global. Indonesia melakukan hal baik dan teman saya Susi berani mengambil tindakan. Susi tidak akan melakukannya tanpa dukungan dan dorongan dari pemerintah. Saya bersyukur dengan hal itu,” ujar Kerry.

Dia mengungkapkan, terkait IUU Fishing seharusnya ada aturan yang membuat sistem perikanan transparan, akuntable dan berkeadilan. Kerry menyebut, pemerintah Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat konsisten dalam menangani IUU Fishing.


https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/30/133624826/mantan-menlu-as-ri-konsisten-tangani-illegal-fishing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke