Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jonan: Perusahaan Terbesar Belum Tentu Bisa Pertahankan Posisinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan, dunia industri ikut mengalami pasang surut seiring situasi global yang tak menentu. Jika tak bisa bertahan dengan gempuran persaingan perdagangan global, maka akan kalah dalam kompetisi.

Ia mencontohkan, Siemens pernah bersaing ketat dengan Mercedes Benz sebagai perusahaan raksasa. Namun, dalam daftar 10 besar perusahaan terbesar di dunia, nama Siemens sama sekali tidak masuk. Perusahaan tersebut harus berbesar hati bertengger di posisi 71.

Hal ini menunjukkan, perusahaan yang besar tahun ini, belum tentu mampu bertahan di posisi tersbeut pada tahun-tahun setelahnya.

"Kompetisi di global market makin lama semakin luar biasa. Kita tidak bisa menunggu. Dalam lima tahun bisa langsung berubah," ujar Jonan di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Namun, kata dia, faktor eksternal tak bisa terus-terusan dipersalahkan. Kemampuan persaingan suatu perusahaan juga ditentukan oleh perusahaan itu sendiri.

Jonan mengatakan, mereka harus pintar-pintar mencari peluang agar mendapat tempat dalam persaingan global. Jika perusahaan besar dalam hitungan tahun bisa redup, maka berlaku sebaliknya.

Perusahaan besar urutan buncit pun tak menutup kemunginan bisa bertengger di 20 hingga 10 besar sekalipun jika strateginya tepat.

"Jadi kita sendiri tidak usah terlalu putus asa. Semua akan berubah," kata Jonan.

Oleh karena itu, salah satu kuncinya adalah kemampuan mengenali pasar. Selain itu juga perlu adanya antisipasi atas kondisi perekonomian global saat ini.

Jonan juga menepis anggapan bahwa tahun politik, apalagi dengan adanya Pilpres 2019 mendatang, akan mempengaruhi kondisi pasar. Menurut dia, kedua hal tersebut tidak terkait satu sama lain.

Siapapun presidennya, kata dia, bisnis akan tetap berjalan karena jalurnya berbeda.

"Lihat perusahaan-perusahaan luar, mereka tidak tergantung Jokowi mau nyapres lagi. Tapi saksikan, dalam lima tahun berbeda lagi urutan 10 besarnya," ungkap Jonan.

"Ini karena kompetisi, selera berubah di dunia," lanjut dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/30/155255426/jonan-perusahaan-terbesar-belum-tentu-bisa-pertahankan-posisinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke