Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hingga Oktober 2018, 46 Perusahaan Melantai di Bursa

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia Hasan Fawzi mengatakan, jumlah perusahaan yang tercatat di BEI sepanjang 2018 menunjukkan pertumbuhan positif. Hingga akhir Oktober 2018, sebanyak 46 perusahaan baru mencatatkan sahamnya di lantai bursa.

"Hingga sekarang ada 608 emiten saham di BEI," ujar Hasan di Main Hall BEI, Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Hasan mengatakan, pasar modal menawarkan akses pendanaan jangka panjang. Dalam beberapa tahun terakhir pasar modal menjadi populer di kalangan pelaku usaha agar mendapat tambahan modal.

Untuk mendapat pendanaan dari luar, perusahaan bisa melakukan initial public offering (IPO) yang membuat perusahaan semakin berkembang.

Sementara itu, besaran nilai penggalangan dana di pasar modal mencapai Rp 680,4 triliun per Oktober 2018. Sementara penggalangan dana hingga akhir 2017 lalu sebesar Rp 811 triliun.

Ia optimistis hingga akhir 2018, dana yang dikumpulkan melalui berbagai instrumen tersebut bisa melampaui capaian tahun lalu.

"Hal ini menandakan terus tumbuh pendanaan modal baik dari pemerintah maupun korporasi yang memanfaatkan sumber pendanaan di bursa," kata Hasan.

Selain itu, jumlah investor juga bertumbuh signifikan. Tahun lalu, investor saham di Indonesia sebanyak 620.000 orang atau hanya 0,2 persen jumlah penduduk Indonesia dan tahun ini, angka investor tumbuh sekitar 30 persen.

"Hanya dalam waktu kurang dari setahun. Ini cerminan upaya kita selama ini dalam kampanye nasional Yuk Nabung Saham sehingga diharapkan budaya investasi menjadi budaya menyeluruh dan dilakukan mayoritas masyarakat," kata Hasan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/10/30/183631026/hingga-oktober-2018-46-perusahaan-melantai-di-bursa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke