Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perluas Pasar Pembayaran, OVO Gandeng Tokopedia

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu platform pembayaran digital di Indonesia, OVO mengumumkan kerja sama dengan e-commerce marketplace Tokopedia. Pengguna Tokopedia akan dapat memilih OVO sebagai metode pembayaran untuk pembelian mereka.

Kemitraan ini untuk dapat memperluas penggunaan OVO ke ranah e-commerce.

Kerja sama dengan Tokopedia merupakan bagian dari strategi tiga pilar OVO untuk memperkenalkan pembayaran digital kepada seluruh masyarakat Indonesia, yakni pertama dengan toko ritel (mal, warung, toko kelontong, dan lainnya), kedua dengan layanan online-to-offline (O2O) melalui kemitraan dengan Grab, dan melalui e-commerce.

Kerja sama ini akan menambahkan 80 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia ke dalam 60 juta basis pengguna OVO. Kerja sama ini juga akan menambahkan lebih dari 4 juta mitra pedagang Tokopedia ke dalam jaringan merchant yang meliputi mal, warung, serta mitra GrabFood dan agen Kudo.

Director of Enterprise Payments OVO Harianto Gunawan mengatakan, kerja sama ini memvalidasi strategi OVO untuk menghadirkan platform pembayaran untuk perusahaan di Indonesia, baik secara online maupun offline.

"Penggunaan uang tunai adalah suatu kebiasaan yang sangat sulit diubah dan konsumen hanya akan beralih ke pembayaran non-tunai apabila hal itu lebih mudah dan aman dibandingkan penggunaan uang tunai. Bekerja sama dengan para mitra merupakan cara paling efisien untuk menghadirkan semakin banyak tempat dimana konsumen dapat go cashless," ujar Harianto dalam keterangan pers, Kamis (1/11/2018).

Ke depannya, CEO OVO Jason Thompson menyatakan bahwa pihaknya optimis hingg akhir tahun 2018 melalui kerja sama dengan Tokopedia dapat mempercepat pertumbuhan OVO.

“Kami memiliki pandangan yang optimis di akhir tahun 2018 ini. Kami berharap segera melihat peningkatan pengguna baru dan jumlah transaksi yang signifikan untuk mendorong kepemimpinan OVO di berbagai pasar," jelasnya.

COO Tokopedia Melissa Siska Juminto mengatakan, bekerja sama dengan OVO membuat pelanggan Tokopedia memiliki opsi lebih banyak dengan cara pembayaran mereka.

“Sebagai perusahaan teknologi, platform kami melayani hampir 80 juta pengguna per bulan. Bersama dengan OVO, kami tidak hanya memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman kepada pengguna kami, tetapi juga menyediakan opsi pembayaran yang dapat digunakan secara luas, baik secara online maupun offline serta turut meningkatkan inklusi keuangan. Kemitraan ini membawa kami satu langkah lebih dekat dengan misi kami mencapai pemerataan ekonomi secara digital," tuturnya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/01/080000826/perluas-pasar-pembayaran-ovo-gandeng-tokopedia-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke