Salin Artikel

Berita Populer: Ongkos Punya Smartphone Tembus Rp 1 Miliar hingga 10 Maskapai Teraman

Jika Anda berpikir 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 15 juta untuk memiliki iPhone X adalah jumlah yang banyak, maka Anda salah besar.

Menurut data baru dari mesin pembanding harga Flipsy, biaya untuk ponsel pintar termasuk peralatan, tagihan penggunaan dan aplikasi, bisa menelan biaya hingga 75.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,125 miliar selama seumur hidup.

Baca selengkapnya: Ini Perkiraan Biaya yang Dihabiskan karena Anda Punya Ponsel

2. Pencarian Korban JT 610 Diperpanjang, Ini Kata Lion Air

Operasi SAR gabungan pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 diperpanjang tiga hari mulai 5-7 November 2018.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya sudah mendengar keputusan perpanjangan operasi SAR gabungan pencarian korban tersebut.

"Dengan demikian, upaya pencarian korban di perairan Karawang, Jawa Barat terus dilakukan," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Senin (5/11/2018).

"Kami senantiasa menghaturkan doa dan berharap yang terbaik selama proses SAR penerbangan JT-601 registrasi pesawat PK-LQP dapat segera dituntaskan," sambung dia.

Baca selengkapnya: Pencarian Korban JT 610 Diperpanjang, Ini Kata Lion Air

3. Inspeksi Boeing 737 Max 8 dan Audit Spesial untuk Lion Air

Penyebab jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 masih menjadi teka-teki. Kemungkinan, penyebabnya baru diketahui setelah Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi.

Sambil menunggu investasi dan proses evakuasi korban, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengambil sejumlah langkah. Hal itu dilakukan demi memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Selasa (29/10/2018), sehari pasca pesawat Lion Air PK-LQP jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melayangkan surat inspeksi pesawat Boeing 737 Max 8 kepada Lion Air dan Garuda Indonesia.

Boeing 737 Max 8 merupakan jenis pesawat yang sama dengan pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang.

Baca selengkapnya: Inspeksi Boeing 737 Max 8 dan Audit Spesial untuk Lion Air

4. KNKT: Sinyal CVR Lion Air JT 610 Sudah Dua Hari Tak Terdeteksi

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, sinyal Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat Lion Air JT 610 saat ini sudah tak terdeteksi lagi.

Saat ini Tim SAR baru menemukan flight data recorder (FDR) dari pesawat tersebut.

“Iya sekarang pun kita sudah tidak mendengar sinyalnya,” ujar Soerjanto di Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11/2018).

Soerjanto menambahkan, sinyal CVR sudah tak terdengar sejak Sabtu (3/11/2018) lalu. Kendati sudah tak terdengar sinyalnya, Soerjanto mengaku akan terus berupaya mencari CVR tersebut. Pihaknya akan menggunakan metode apapun untuk menemukan CVR itu.

Baca selengkapnya:  KNKT: Sinyal CVR Lion Air JT 610 Sudah Dua Hari Tak Terdeteksi

5. 10 Maskapai Paling Aman di Dunia, 5 dari Asia

Laman AirlineRatings.com baru-baru ini merilis daftar maskapai penerbangan paling aman di dunia. Daftar yang dirilis tahunan tersebut menyusun 20 maskapai yang dipandang minim kecelakaan dalam kurun waktu tertentu.

"Dengan perjalanan saat ini membawa penumpang ke setiap sudut dunia, dengan ratusan maskapai yang dapat dipilih dan beragamnya standar dari satu maskapai ke maskapai lainnya, penting bagi penumpang untuk memperoleh informasi yang tepat terkait pemeringkatan keamanan dan produk," kata pemimpin redaksi AirlineRatings.com Geoffrey Thomas seperti dikutip dari Business Insider, Senin (5/11/2018).

AirlineRatings menyeleksi 20 maskapai paling aman dari total 409 maskapai.

Beberapa hal dievaluasi, antara lain kepatuhan terhadap aturan internasional, rekam jejak kefatalan dalam setidaknya 10 tahun terakhir, usia armada, hasil audit keselamatan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), dan apakah negara asal maskapai patuh dengan delapan poin parameter yang telah ditetapkan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Baca selengkapnya: 10 Maskapai Paling Aman di Dunia, 5 dari Asia


https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/06/050800026/berita-populer--ongkos-punya-smartphone-tembus-rp-1-miliar-hingga-10

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.