Salin Artikel

Bos BCA: Yang Kita Lawan Mereka yang Berani Buang Duit

Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan, menjamurnya fintech seharusnya tidak menjadi ancaman bagi industri perbankan. Namun perbankan harus berani bersaing dengan fintech yang berani untuk membakar uang demi promosi.

"Sebenarnya yang kita lawan, tapi bukan sebagai musuh, itu orang yang berani burn money, yang berani buang duit. Ini makhluk yang kita hadapi saat ini. Kita lihat itu Uber mereka rugi triliunan rupiah larena promosi dan ekspansi, tapi valuasinya juga puluhan miliar dollar AS. Kalau di kita kan tidak bisa promosi habis-habisan seperti itu," ujar Jahja ketika memberikan paparan pada Indonesian Banking Expo (IBEX) 2018 di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Jahja juga menekankan, pengembangan fintech di sektor perbankan tidak seharusnya hanya berlandaskan efisensi. Sebab, yang perlu dikembali ditegaskan kembali adalah basis industri perbankan yang berlandaskan pada kepercayaan konsumen.

Sehingga, bank harus benar-benar memahami konsumen apa yang akan disasar serta target pasar yang akan dikembangkan.

Selain itu, bank juga perlu untuk menyesuaikan pengembangan bisnisnya dengan kemampuan dan jumlah nasabahnya.

"Bank kalau punya kartu kredit dengan gambar cantik menari ada kecanggihan spesifik, tapi kalau nasabahnya hanya 100.000 buat apa? Tapi kalau seperti Go-Jek, BukaLapak, dan sejenisnya itu saya rasa nasabahnya sudah jutaan," ujar Jahja.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/15/184502226/bos-bca-yang-kita-lawan-mereka-yang-berani-buang-duit

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.