Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kementerian ESDM Gandeng Bank Dunia Untuk Tata Kelola Minerba

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjalin kemitraan dengan Bank Dunia untuk memperkuat tata kelola mineral dan batu bara (minerba). Khususnya, dalam rangka memperbaiki iklim investasi di Indonesia.

"Saya mengajak World Bank dan Kementerian terkait untuk menjembatani bagaimana permasalahan-permasalahan industri pertambangan yang sampai saat ini memang ada beberapa yang masih mengalami kendala," ujar Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono dalam keterangan tertulis, Jumat (16/11/2018).

Hal tersebut dia sampaikan dalam Workshop Mining Investment and Governance (MinGov) in Indonesia. Bambang berharap MinGov yang diselenggarakan Bank Dunia membawa dampak positif bagi iklim investasi di Indonesia.

"Ini (MinGov) untuk perbaikan kebijakan yang akan mempengaruhi iklim investasi apakah itu dalam pelaksanaan implementasi baik di tataran Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi," kata Bambang.

Selain iklim investasi, masalah kehutanan dan kebijakan fiskal menjadi titik perhatian bagi Kementerian ESDM sehingga berdampak pada kegiatan eksplorasi pertambangan.

Meski daya tarik Indonesia secara potensi geologi luar biasa, kata Bambang, namun jika masalah-masalah tersebut tidak memberikan iklim investasi yang baik, maka akan jadi percuma.

Ia pun mengajak semua elemen yang turut serta terlibat dalam pembangunan sektor minerba. Apalagi, ia mengakui analisis kebijakan yang dilakukan oleh World Bank dan Indonesian Mining Institut (IMI) dalam MinGov mempunyai nilai yang sangat bagus.

"Kami mengajak kita semua agar ikut terlibat di dalam bagaimana untuk mengimplementasikan proses selanjutnya," kata Bambang.

Bambang meyakini sinkronisasi kebijakan pertambangan dengan regulasi akan menghasilkan industri pertambangan yang luar biasa. Ia berharap apa yang disusun dalam MinGov bisa sinkron dengan revisi Undang-Undang Minerba sehingga menghasilkan industri yang lebih baik.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/16/110000426/kementerian-esdm-gandeng-bank-dunia-untuk-tata-kelola-minerba

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke