Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kriteria ini Wajib Anda Punya bila Ingin Jadi Pemimpin

Pada kenyataannya, menjadi seorang pemimpin yang baik itu tidak hanya sekadar tekad yang tinggi. Lebih jauh lagi, seorang pemimpin sejati haruslah didukung sejumlah kriteria tertentu yang didapat dari proses yang panjang dan konsisten.

Lalu, apa saja kiranya kriteria ideal bagi seorang pemimpin? Nah, Anda para calon pemimpin masa depan, wajib memiliki kriteria berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Punya Manajemen yang Baik untuk Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Kriteria pertama dari yang harus Anda punya untuk bisa menjadi seorang pemimpin baik adalah bisa mengatur diri sendiri dengan baik. Ya, sebelum bisa memimpin orang lain, tentunya Anda harus bisa memimpin diri Anda sendiri terlebih dahulu, bukan?
Jika untuk memimpin diri sendiri saja sudah gagal, bagaimana memimpin dan mengatur orang lain? Aturlah berbagai aspek fundamental dalam diri Anda, mulai dari waktu, perhatian, hingga emosi diri.

Secara paralel, cari tahu terus apa yang jadi kekuatan, kelemahan, dan potensi yang Anda punya. Dengan begitu, timbul harmoni dalam diri Anda, yang mana tentunya akan sangat berdampak positif bagi upaya untuk sampai di predikat ‘pemimpin ideal’.

Intinya, Anda harus bisa mengontrol dan disiplin terhadap semua tindakan yang dlakukan, disamping Anda juga harus menjauhi yang namanya sifat kaku dan tidak fleksibel karena itu alah akan tambah menyusahkan Anda.

2. Punya Strategi dalam Bertindak

Setelah manajemen diri, kriteria selanjutnya yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin ialah segala tindak tanduknya harus disusun dengan baik dan penuh strategi. Sebagai leader, semua keputusan tentunya berada di tangan Anda.

Baik atau buruknya langkah Anda dan tim Anda ke depannya bergantung pada decision yang Anda ambil. Oleh karena itu, seorang pemimpin ideal haruslah cerdas dalam menentukan strategi terbaik yang nantinya mampu memberikan hasil sesuai ekspektasi.

Jangan pernah terburu-buru dalam mengambil suatu keputusan karena biasanya hal tersebut malah merugikan Anda dan tim nantinya.

3. Mampu Berkomunikasi dengan Baik dan Efektif

Kita semua setuju bahwa komunikasi itu peranannya sangat fundamental di seluruh aspek kehidupan. Mulai dari lingkungan keluarga sampai lingkungan pekerjaan, komunikasi yang baik tentu akan menjadikan semua aspe tersebut dapat berjalan sebagaimana mustinya.

Seorang pemimpin yang baik, tentunya menyadari akan pentingnya komunikasi. Dan bukan hanya soal komunikasi itu sendiri, namun ia juga tahu bagaimaa menciptakan suatu pola komunikasi yang efektif. Artinya, kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan.

Saat tengah mengadakan rapat dengan tim di kantor misalnya, Anda tentu saja harus bisa menyampaikan informasi yang berkaitan dengan rencana Anda pada saat itu dengan singkat, padat, dan jelas sehingga tidak akan terjadi yang namanya miss-communication.

Komunikasi yang baik itu sendiri harus menjalar di semua aspek, yakni komunikasi langsung ke tim yang bersangkutan, departemen atau staf lain, hingga ke komunikasi virtual seperti e-mail dan media sosial.

4. Tidak Lepas Tangan, Tapi Bisa Bertanggung Jawab

Nah, ini dia kriteria pemimpin ideal yang tak kalah pentingnya. Namanya seorang leader, tentunya Anda akan memikul tugas dan tanggung jawab yang berat jika ingin berhasil. Oleh karenanya, apapun yang akan terjadi di depan nanti, dengan segala risiko, jadilah pemimpin yang berani untuk bertanggung jawab.

Jangan sampai Anda lepas tangan yang artinya melepaskan hal yang seharusnya menjadi tanggung jawab Anda. Jika demikian, tentu menjadi seorang pemimpin yang baik dan sukses hanyalah isapan jempol belaka.

5. Punya Tujuan yang Jelas dan Konsisten untuk Mencapainya

Sebuah kesalahan besar jika Anda berpikir untuk melangkah tanpa memiliki tujuan yang jelas. Kendati situasi dan kondisi cenderung dinamis, namun sudah memiliki tujuan jelas di awal akan membuat Anda selalu fokus dan berusaha untuk mencari penyelesaian manakala sedang terjebak di suatu masalah yang menghambat.

Pun demikian ketika di tengah perjalanan, ada sapuan ‘angin’ yang membuat Anda sedikit goyah, dengan menerapkan pola pikir seperti ini, maka Anda telah memenuhi kriteria seorang pemimpin yang baik.

Jadilah Pribadi yang Layak Jadi Pemimpin

Sebagaimana telah disebutkan di awal, pemimpin yang baik dihasilkan dari proses yang panjang dan penuh konsistensi. Mulailah proses itu sekarang juga dengan memerhatikan 5 kriteria yang telah dipaparkan di atas, dan jangan lupa untuk konsisten dalam melakukannya.

Hingga pada akhirnya hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan. Selamat mencoba dan jadilah seorang pemimpin ideal.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/18/100000126/5-kriteria-ini-wajib-anda-punya-bila-ingin-jadi-pemimpin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke