Salin Artikel

Ingin Investasi di Startup? Kenali Risiko dan Keuntungannya

Sebagaimana dikutip dari CNN.com, investor startup dapat mencari pengembalian investasi yang layak, tetapi juga harus dapat menanggung risiko yang tak terelakkan. Investor yang awam akan menaruh banyak uang startup tertentu dan mereka juga menerima kemungkinan bahwa itu mungkin kerugian total.

Oleh karena itu, kenali dulu risiko dan keuntungan dalam berinvestasi startup.

Kepala Operasional dari Republic, Caroline Hofmann mengingatkan investor mengenai risikonya yang sangat tinggi, sedangkan hasilnya juga ternyata tidak begitu tinggi.

"Hasilnya hanya 5-10 persen dari apa yang Anda investasikan. Berinvestasi dalam jumlah yang lebih kecil di banyak perusahaan akan lebih aman daripada menempatkan banyak dana di perusahaan yang lebih sedikit," kata Hofmann.

"Tetapi itu bisa menjadi bagian dari strategi diversifikasi portofolio siapa pun," lanjut dia.

Sementara Mitra Crowdfund Capital Advisors, Sherwood Neiss menyebutkan, para investor startup berdatangan tanpa saling mengenal. Mereka memberikan uang ke perusahaan kepada perusahaan rintisan tersebut.

"Kenyataannya perusahaan yang jelek tidak akan mendapatkan uang. Sebagian besar uang adalah untuk perusahaan yang sukses," kata Neiss.

"Jika lebih banyak uang diberikan kepada perusahaan yang gagal, saya rasa ada yang salah dengan sistem," tambah dia.

Pembatasan

Akibat risiko tersebut, orang yang dapat berinvestasi startup pun terbatas. Pemerintah AS membatasi berapa banyak individu yang dapat berinvestasi selama periode 12 bulan dalam segala bentuk investasi crowdfunded yang tidak hanya terbatas pada satu platform, berdasarkan pada berapa banyak uang yang Anda miliki.

Jika kekayaan bersih atau pendapatan tahunan Anda kurang dari 107.000 dollar AS, Anda hanya dapat menginvestasikan lebih besar dari 2.200 dollar AS atau sekitar 5 persennya.

Jika penghasilan tahunan dan kekayaan bersih Anda setidaknya 107.000 dollar AS, maka Anda dapat menginvestasikan hingga 10 persennya. Namun, investasi Anda tidak dapat melebihi 107.000 dollar AS.

Pemerintah AS juga membatasi jumlah uang yang dapat diperoleh perusahaan melalui crowdfunding. Industri yang memfasilitasi investasi semacam ini meminta SEC sebagai otoritas yang berwenang, untuk menaikkan batas dari 1,07 juta dollar AS saat ini menjadi 20 juta dollar AS dalam upaya untuk memasukkan lebih banyak investor, serta membawa crowdfunding ke kelompok baru perusahaan besar.

"Kami telah membuktikan sekarang bahwa jika Anda membuka pasar modal swasta dengan mendigitasi informasi, investor akan datang," kata Neiss.

Di sisi lain, hal ini menjadi kabar menggembirakan bagi para investor. Ternyata, tak perlu jadi miliarder untuk bisa berinvestasi startup. Dua tahun lalu, SEC mengadopsi aturan yang memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan uang melalui crowdfunding dari siapa pun yang tertarik berinvestasi.

Menurut Crowdfund Capital Advisors, sebuah perusahaan investasi crowdfund, lebih dari 1.000 perusahaan telah mengajukan SEC untuk mengumpulkan uang di platform online. Startup yang telah dikucuri dana tidak hanya perusahaan teknologi, tetapi juga 80 industri lainnya, mulai dari restoran, salon, hingga perusahaan logistik.

"Kami pikir itu pada dasarnya tidak adil bahwa hanya sebagian kecil penduduk AS memiliki akses ke keuntungan investasi awal," kata Hofmann.

Seperti platform Republic yang menawarkan akses ke peluang investasi pilihan dari jalur rujukan, ekosistem startup, dan aplikasi terikat.

Di Republic, investor dapat berinvestasi dengan hanya 40 dollar AS saja. Contohnya startup TheCut, aplikasi untuk membooking tukang cukur. Perusahaan ini telah menerima lebih dari 93.000 dollar AS dari 421 investor. Lebih dari setengah investor berasal dari Afrika Amerika dan Latin.

"Itu adalah pengguna aktual mereka yang berinvestasi," kata Hofmann.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/27/083400326/ingin-investasi-di-startup-kenali-risiko-dan-keuntungannya

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.