Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Boediono tentang Penyelamatan Bank Century

Wakil Presiden ke-11 Boediono yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pun menceritakan proses penyelamatan Bank Century yang menurutnya dilakukan secara terbuka dan transparan.

"Proses pegambilan keputusan terbuka transparan diskusinya sudah beredar luas, diskusi enggak banyak yang dapat diskusi bank sentral. Kedua suasana waktu itu sudah sangat serius," ujar Boediono di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Lebih lanjut, Boediono mengatakan, dirinya tidak menyangka kasus penyelamatan Bank Century akan berlarut menjadi sangat panjang. Dirinya saat itu hanya memikirkan kasus Bank Century harus ditangani secara serius sehingga tidak terjadi krisis ekonomi seperti pada tahun 1998.

Pasalnya, jika tidak segera dilakukan tindakan, biaya yang harus dibayarkan sangat besar, mulai dari pengangguran yang meningkat hingga kualitas hidup masyarakat bisa jeblok.

"Waktu itu saya dan temen-temen enggak pernah mikir risiko politik, risikonya risiko ekonomi seandainya kita tahu (risiko politik) kita belum tahu kebijakan apa yang kita lakukan. Apa yang terbaik yang kita anggap dari segi praktik dan ekonomoi kita ambil. Kita mengusulkan untuk dilakukan full blanket guarantee," ujar Boediono.

Adapun sistem blanket guarantee merupakan kebijakan penjaminan 100 persen dana nasabah di perbankan. Pada tahun 1998, kebijakan tersebut belum diberlakukan ketika pemerintah menutup 16 bank dan memperparah krisis 1998.

Sebagai catatan, pada 2008 lalu keputusan penyelamatan bank Century dilakukan di gedung Kementerian Keuangan melalui rapat KSSK menindaklanjuti surat Gubernur Bank Indonesia (BI) Nomor: 10/2/GBI/DPNP/Rahasia yang terbit pada 20 November 2008. BI pada saat itu memastikan Bank Century gagal kliring dan mengancam perbankan. Setelah itu, BI memberikan informasi jika Bank Century perlu ditetapkan sebagai bank gagal yang berdampak sistemik.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/29/055000126/cerita-boediono-tentang-penyelamatan-bank-century

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke