Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga Kunci Agar Bisnis Tetap Tumbuh Signifikan di Tahun Politik

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun politik kerap menjadi momok di kalangan bisnis. Sejumlah pelaku usaha khawatir jika panasnya iklim politik akan berpengaruh terhadap pasar sehingga menimbulkan ketidakpastian.

Namun, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan dampak tahun politik terhadap pasar. Founder dan chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan, para pelaku bisnis cenderung menunggu ekspansi bisnis hingga pesta politik memberikan hasil.

"Para pelaku bisnis cenderung wait and see, menunggu kepastian politik untuk melanjutkan bisnis," ujar Hermawan di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Hermawan mengatakan, pelaku bisnis biasanya menunggu hingga paruh tahun kedua hingga untuk mendapat kepastian pemerintah tahun depan. Namun, menurut dia, justru di paruh pertama itu kesempatan bisnis akan datang.

Sehingga itu waktu yang tepat untuk merencanakan strategi menghadapi paruh kedua dengan lebih matang. Sementara di paruh kedua menjadi momentum untuk mengambil aksi dan tancap gas agar pertumbuhan terpacu.

Hermawan menyebutkan, setidaknya ada tiga hal yang menjadi kunci memacu pertumbuhan bisnis di tahun politik.

"Tiga kunci itu adalah scenario marketing, millenial branding, dan digital selling," kata Hermawan.

Yang dimaksud dengan scenario marketing adalah perencanaan yang matang, cermat, dan tepat disertai strategi yang bisa direalisasikan. Menurut Hermawan, skenario strategi diperlukan karena situasi di tahun politik menimbulkan ketidakpastian.

Kedua, millenial branding. Pebisnis dituntut lebih banyak memasarkan produk ke milenial yang menjadi pasar terbesar saat ini.

Pendekatan yang dilakukan juga harus berbeda, harus lebih dari sekadar iklan konvensional. Yang harus dilakukan dengan brand engage dengan generasi milenial.

"Media sosial harus dimaksimalkan," kata Hermawan.

Hal ini berkaitan dengan kunci terakhir, yakni digital selling. Meski pebisnis punya kekuatan di toko offline, namun tetap harus berjualan secara online.

Selain menghemat biaya penyewaan tempat, penjualan online memudahkan pelanggan menjangkau produk yang dijual.

Ketiga kunci tersebut merupakan bagian dari inovasi yang harus dikembangkan pebisnis di era sekarang. Pertarungan inovasi tersebut menjadi tema besar perhelatan MarkPlus Conference 2019.

Acara yang akan digelar pada 6 Desember 2018 itu mengangkat tema "Political Year: Battle of Growth". Dalam acara tersebut, ribuan pelaku bisnis akan membahas situasi terkini yang menjadi navigasi, pandangan, dan strategi dalam mempersiapkan bisnis di tahun berikutnya.

"MarkPlus Conference tahun ini diharapkan menadi panduan pelaku bisnis dalam menentukan strategi, terutama marketing," kata Hermawan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/29/155104926/tiga-kunci-agar-bisnis-tetap-tumbuh-signifikan-di-tahun-politik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke